• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    STRATEGI POSITIONING PRODUK MILKU PADA PERSEROAN TERBATAS (PT) SUSU SEHAT ALAMI MANGLI JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Irfijiyanti.pdf (63.87Kb)
    Date
    2013-12-10
    Author
    Irfijiyanti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Susu merupakan nutrisi yang memiliki banyak kandungan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Konsumsi susu di Indonesia dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Kebutuhan susu dalam negeri yang semakin meningkat dari tahun ke tahun tidak diimbangi dengan produksi susu yang meningkat pula, akan tetapi Negara masih membutuhkan pasokan susu dari luar negeri. Hal ini merupakan peluang dalam memasuki industri pengolahan susu. PT. Susu Sehat Alami merupakan salah satu industri pengolahan susu yang terdapat di Jember. Pemasaran produk susu PT. Susu Sehat Alami dengan merek Milku dihadapkan pada kondisi persaingan yang semakin ketat dengan adanya industri pengolahan susu lokal maupun yang bertaraf Nasional. Menghadapi kondisi pasar yang ada manajemen perusahaan harus mampu merumuskan strategi pemasaran. Berdasarkan Kondisi pasar seperti itu maka perusahaan harus mampu bersaing dalam mendapatkan kepercayaan konsumen untuk mengkonsumsi produknya. Usaha mendapatkan kepercayaan ini dapat dilakukan dengan cara penempatan produk (Positioning) mereka di benak konsumen. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode deskriptif paradigma kualitatif melalui beberapa tahapan yaitu observasi pendahuluan dan wawancara kepada informan yang berkaitan dengan strategi Positioning dalam PT. Susu Sehat Alami. Hasil wawancara yang dilakukan peneliti bahwa di PT. Susu Sehat Alami menggunakan strategi Positioning. Adapun langkah-langkah yang dilakukan PT. Susu Sehat Alami adalah melalui segmentasi pasar, penetapan target market dan Positioning. Segmentasi yang dilakukan menggunakan beberapa variabel yaitu geografis, demografis, psikografis dan perilaku. Hasil dari segmentasi bahwa PT. Susu Sehat Alami memasuki multi segmen yaitu segmen anak-anak, remaja dan kalangan atas. Daerah yang dipilih adalah Jember, Bondowoso, Probolinggo, Bangil, Surabaya, Banyuwangi dan Bali. Target market marupakan langkah selanjutnya, adapun target market adalah anak-anak TK, SD, SMP, SMA, Ibu-ibu rumah tangga, industri dibidang kimia, hotel, restoran dan cafe Strategi Positioning yang dilakukan oleh PT. Susu Sehat Alami lebih menekankan pada varian produk milku. PT. Susu Sehat Alami memperkenalkan produknya sebagai minuman kesehatan yang berfungsi sebagai sumber energi. Hal ini dikomunikasikan kepada konsumen melalui promosi, even dan penyebaran brosur dengan diperkuat slogan (Positioning statement) “Milku, Sumber Energi Hariku”. Positioning diperkuat dengan pembedaan layanan dan citra. Layanan yang diberikan perusahaan adalah pemesanan melalui telepon (Delivery Order), sedangan citra yang ditanamkan adalah melalui merek “Milku”, logo kepala sapi, slogan dan event yang diikuti.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/7034
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5615]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository