• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS WACANA NARASI MELALUI PENERAPAN METODE KUNJUNGAN LAPANGAN DENGAN BANTUAN REKAMAN VIDEO DIGITAL PADA SISWA KELAS IV SDN JENGGAWAH 02

    Thumbnail
    View/Open
    Umul Hidayati.pdf (428.7Kb)
    Date
    2013-12-10
    Author
    UMUL HIDAYATI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk memaparkan upaya meningkatkan kemampuan menulis wacana narasi melalui penerapan metode kunjungan lapangan dengan bantuan rekaman video digital pada siswa kelas IV SDN Jenggawah 02, 2) untuk meningkatkan kemampuan menulis wacana narasi melalui penerapan metode kunjungan lapangan dengan bantuan rekaman video digital pada siswa kelas IV SDN Jenggawah 02. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Jenggawah 02 Kelas IV yang terdiri dari 59 siswa, 25 siswa laki-laki dan 34 siswa perempuan. Siswa dibagi manjadi 7 kelompok yang heterogen. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi teknis. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Deskripsi kualitatif untuk menganalisis data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan deskriptif kuantitatif untuk menganalisis tes individu. Pengambilan data mulai dilakukan tanggal 20 Pebruari 2011 sampai 2 Mei 2011 dengan subyek penelitian siswa kelas IV SDN Jenggawah 02 Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember. Data yang dikumpulkan berupa hasil nilai karangan, aktivitas siswa, dan aktivitas guru. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil observasi diketahui bahwa persentase kemampuan menulis narasi selama pembelajaran melalui penerapan metode kunjungan lapangan dengan bantuan rekaman video digital sangat mengalami peningkatan. Hasil dari siklus I menunjukkan ketuntasan siswa sebesar 69% dan siklus II ketuntasan siswa sebesar 88%. Dari hasil tersebut, terdapat siswa yang tidak tuntas sebesar 12% . Berdasarkan hasil tersebut diketahui bahwa persentase ketuntasan belajar secara klaksikal adalah 88%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan kemampuan menulis wacana narasi pada pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menerapkan metode kunjungan lapangan dengan bantuan rekaman video digital pada pokok bahasan menyusun karangan dari suatu topik dengan memperhatikan penggunaan ejaan dan penggunaan huruf kapital, hal ini dapat merangsang siswa untuk lebih kreatif dalam menemukan ide dan wawasan dalam mengarang.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/7030
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository