dc.description.abstract | Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kebonsari 05 Jember pada Tanggal 06 Mei
sampai dengan 24 Mei 2011. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V SDN
Kebosari 05 pada semester genap tahun ajaran 2010/2011, sebanyak 38 siswa. Pada
penelitian ini menggunakan analisis data statistic desktriptif. Penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR). Penelitian ini
menggunakan model spiral dari Kemmis dan Taggart, yang mana dari siklus yang satu ke
siklus berikutnya. Setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi.
Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan pemberian tes. Analisis
data dilakukan untuk menghitung persentase peningkatan aktivitas dan peningkatan hasil
belajar siswa. Berdasarkan hasil observasi dan hasil tes belajar siswa, dihitung dengan
menggunakan rumus Pa= A/N x 100%, dimana Pa:Persentase aktivitas siswa, A:Jumlah
siswa yang aktif, N:Jumlah siswa keseluruhan dan Pt= n/N x 100%, dimana Pt:Persentase
peningkatan hasil belajar, n:Jumlah siswa yang tuntas hasil belajarnya, dan N:Jumlah
seluruh siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa mengalami
peningkatan dari pra siklus, siklus I dan siklus II. Pada pra siklus Persentase aktivitas
belajar siswa 39,48% dan pada siklus I persentase aktivitas belajar siswa meningkat
menjadi 52,63%, dan pada siklus II, persentase aktivitas belajar siswa meningkat menjadi
86,84%. Sedangkan untuk hasil belajar siswa, dari pra siklus, siklus I dan siklus II,
dimana pada saat pra siklus persentase peningkatan hasil belajar siswa 42,10%, pada
siklus I meningkat menjadi 55,27%. Sedangkan pada siklus II, persentase peningkatan
hasil belajar siswa meningkat menjadi 94,73%. Dengan persentase peningkatan aktivitas
dan hasil belajar siswa tersebut di atas, maka penelitian dengan menerapkan metode
penemuan (discovery) dalam mata pelajaran IPA pokok bahasan cahaya dan sifatnya
pada siswa kelas V SDN Kebonsari 05 Jember ini dikatakan berhasil. | en_US |