• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN CAHAYA DAN SIFATNYA MELALUI METODE PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY) PADA SISWA KELAS V SDN KEBONSARI 05 JEMBER TAHUN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    Supirman.pdf (233.7Kb)
    Date
    2013-12-10
    Author
    SUPIRMAN
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kebonsari 05 Jember pada Tanggal 06 Mei sampai dengan 24 Mei 2011. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Kebosari 05 pada semester genap tahun ajaran 2010/2011, sebanyak 38 siswa. Pada penelitian ini menggunakan analisis data statistic desktriptif. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR). Penelitian ini menggunakan model spiral dari Kemmis dan Taggart, yang mana dari siklus yang satu ke siklus berikutnya. Setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan pemberian tes. Analisis data dilakukan untuk menghitung persentase peningkatan aktivitas dan peningkatan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil observasi dan hasil tes belajar siswa, dihitung dengan menggunakan rumus Pa= A/N x 100%, dimana Pa:Persentase aktivitas siswa, A:Jumlah siswa yang aktif, N:Jumlah siswa keseluruhan dan Pt= n/N x 100%, dimana Pt:Persentase peningkatan hasil belajar, n:Jumlah siswa yang tuntas hasil belajarnya, dan N:Jumlah seluruh siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari pra siklus, siklus I dan siklus II. Pada pra siklus Persentase aktivitas belajar siswa 39,48% dan pada siklus I persentase aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 52,63%, dan pada siklus II, persentase aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 86,84%. Sedangkan untuk hasil belajar siswa, dari pra siklus, siklus I dan siklus II, dimana pada saat pra siklus persentase peningkatan hasil belajar siswa 42,10%, pada siklus I meningkat menjadi 55,27%. Sedangkan pada siklus II, persentase peningkatan hasil belajar siswa meningkat menjadi 94,73%. Dengan persentase peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa tersebut di atas, maka penelitian dengan menerapkan metode penemuan (discovery) dalam mata pelajaran IPA pokok bahasan cahaya dan sifatnya pada siswa kelas V SDN Kebonsari 05 Jember ini dikatakan berhasil.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6990
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository