• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR FISIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH (MENCARI PASANGAN) DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS VII-A MTS NEGERI KENCONG TAHUN AJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    Qorini Zakiyah M_1.pdf (1.712Mb)
    Date
    2013-12-10
    Author
    Qorini Zakiyah M
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran merupakan suatu proses belajar dan mengajar antara siswa dengan guru yang direncanakan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Hal ini juga berlangsung di MTs Negeri Kencong, namun tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kurang tercapai. Data hasil observasi awal, didapatkan aktivitas belajar fisika siswa kelas VII-A MTs Negeri Kencong masih rendah. Hal ini ditunjukkan dari hasil observasi dan wawancara dengan guru pengajar yang telah dilakukan, dapat diketahui terdapat 44,8% siswa yang aktif memperhatikan penjelasan guru; 38,5% siswa aktif bertanya; dan 41,6% siswa yang aktif menjawab pertanyaan. Selain rendahnya aktifitas belajar, hasil belajar siswa kelas VII-A juga masih rendah. Hal ini dapat ditunjukkan dari nilai hasil ulangan harian, dari 32 siswa terdapat 34,3% atau 11 siswa yang mendapatkan nilai ≥70 yang dinyatakan tuntas belajar dan terdapat 65,6% atau 21 siswa mendapatkan nilai < 70 dan dinyatakan tidak tuntas belajar. Berdasarkan uraian di atas, maka diperlukan perbaikan melalui penerapan model make a match (mencari pasangan) dengan metode demonstrasi dalam proses pembelajaran. Model make a match (mencari pasangan) merupakan salah satu teknik dalam model pembelajaran cooperative learning yang memberi kesempatan kepada siswa untuk bekerja sama dengan orang lain. Dalam penerapannya, model pembelajaran make a match (mencari pasangan) menggunakan kartu sebagai media untuk mengatur pola interaksi siswa dalam kelompok belajar. Penerapan model ini dipadukan dengan metode demonstrasi agar siswa lebih mudah dalam memahami materi yang telah disampaikan. Tujuan dari penelitian ini diantaranya (1) meningkatkan aktivitas belajar fisika siswa menggunakan pembelajaran kooperatif tipe make a match (mencari pasangan) dengan metode demonstsrasi pada siswa Kelas VII-A MTs Negeri Kencong, (2) meningkatkan ketuntasan hasil belajar fisika siswa menggunakan pembelajaran kooperatif tipe make a match (mencari pasangan) dengan metode demonstrasi pada siswa Kelas VII-A MTs Negeri Kencong. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sehingga subyek penelitiannya adalah siswa kelas VII-A MTs Negeri Kencong tahun ajaran 2011/2012 yang dimulai tanggal 07 November 2011 sampai dengan 24 November 2011. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, observasi, wawancara, dan tes. Data yang didapatkan adalah skor aktivitas siswa beserta guru, ketuntasan hasil belajar siswa selama proses pembelajaran yakni pada pra-siklus, siklus I, dan siklus II. Aktivitas belajar siswa yang diamati pada penelitian ini meliputi aktivitas memperhatikan penjelasan guru, mengerjakan soal, bertanya, dan bekerja kelompok telah mengalami peningkatan dari pra-siklus ke siklus I dan siklus II. Dari hasil analisis diperoleh aktivitas belajar siswa pada pra-siklus sebesar 21,5% dan mengalami peningkatan pada siklus I menjadi 70,3%. Pada siklus II aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 78,8%. Ketuntasan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Pada pra-siklus ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 62,5%. Pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 81,25% dan pada siklus II ketuntasan hasil belajar siswa menjadi 87,5%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa pada pra siklus, siklus I, dan siklus II secara keseluruhan dapat dikatakan telah mengalami peningkatan. Dari hasil di atas menunjukkan model make a match (mencari pasangan) dengan metode demonstrasi dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran yang membuat siswa lebih aktif dan lebih memahami konsep dalam pembelajaran.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6967
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository