Show simple item record

dc.contributor.authorN I N G S I H
dc.date.accessioned2013-12-09T13:59:11Z
dc.date.available2013-12-09T13:59:11Z
dc.date.issued2013-12-09
dc.identifier.nimNIM100210274012
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6948
dc.description.abstractIPA berkaitan dengan cara mencari tahu dan memahami alam secara sistematik, sehingga IPA bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan berupa fakta, konsep, dan prinsip saja tetapi juga merupakan suatu proses penemuan. Berdasarkan hasil observasi awal diperoleh data bahwa pembelajaran IPA di kelas IV SDN Kemuningsari Kidul 02 Kecamatan Jenggawah masih mengandalkan metode ceramah. Dalam metode ceramah guru kurang memberi kesempatan kepada siswa untuk menggali dan menemukan kebenaran konsep IPA. Siswa hanya mendengarkan penjelasan guru dan hanya menghafal materi yang diberikan oleh guru melalui metode ceramah. Guru bersifat sebagai transfer of knowledge dan transfer of information saja tanpa memperhatikan konsepsi awal siswa yang diperoleh pengetahuan berdasarkan pengalaman sehari-hari. Siswa hanya menerima informasi yang disampaikan oleh guru, sedangkan guru kurang memperhatikan proses asimilasi informasi dalam diri siswa, apakah struktur kognitif siswa (konsepsi awal siswa) tersebut telah sesuai dengan informasi baru yang disampaikan guru atau malah sebaliknya. Hasil observasi menunjukkan adanya permasalahan yang timbul akibat penggunaan metode ceramah di kelas IV SDN Kemuningsari Kidul 02 Jenggawah antara lain: siswa tidak berani bertanya kepada guru tentang materi yang kurang dimengerti karena guru tidak memberi kesempatan untuk bertanya, siswa lebih senang bicara sendiri dengan teman sebangku daripada mendengar ceramah dari guru, siswa merasa mengantuk saat pemberian materi berlangsung. Menurut hasil wawancara dengan siswa kelas IV, siswa mendapatkan pembelajaran IPA dari ceramah guru di kelas dan tidak pernah melakukan praktik secara langsung, sehingga siswa merasa bosan dalam menerima materi pelajaran karena metode ceramah dianggap monoton dan tidak menarik.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100210274012;
dc.subjectAktivitas dan Hasil Belajar, Problem Based Learningen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH ( PROBLEM BASED LEARNING ) PADA SISWA KELAS IV SDN KEMUNING SARI KIDUL 02 JENGGAWAH JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011-2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record