• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH ( PROBLEM BASED LEARNING ) PADA SISWA KELAS IV SDN KEMUNING SARI KIDUL 02 JENGGAWAH JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011-2012

    Thumbnail
    View/Open
    NINGSIH - 100210274012 (2)_1.pdf (230.4Kb)
    Date
    2013-12-09
    Author
    N I N G S I H
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    IPA berkaitan dengan cara mencari tahu dan memahami alam secara sistematik, sehingga IPA bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan berupa fakta, konsep, dan prinsip saja tetapi juga merupakan suatu proses penemuan. Berdasarkan hasil observasi awal diperoleh data bahwa pembelajaran IPA di kelas IV SDN Kemuningsari Kidul 02 Kecamatan Jenggawah masih mengandalkan metode ceramah. Dalam metode ceramah guru kurang memberi kesempatan kepada siswa untuk menggali dan menemukan kebenaran konsep IPA. Siswa hanya mendengarkan penjelasan guru dan hanya menghafal materi yang diberikan oleh guru melalui metode ceramah. Guru bersifat sebagai transfer of knowledge dan transfer of information saja tanpa memperhatikan konsepsi awal siswa yang diperoleh pengetahuan berdasarkan pengalaman sehari-hari. Siswa hanya menerima informasi yang disampaikan oleh guru, sedangkan guru kurang memperhatikan proses asimilasi informasi dalam diri siswa, apakah struktur kognitif siswa (konsepsi awal siswa) tersebut telah sesuai dengan informasi baru yang disampaikan guru atau malah sebaliknya. Hasil observasi menunjukkan adanya permasalahan yang timbul akibat penggunaan metode ceramah di kelas IV SDN Kemuningsari Kidul 02 Jenggawah antara lain: siswa tidak berani bertanya kepada guru tentang materi yang kurang dimengerti karena guru tidak memberi kesempatan untuk bertanya, siswa lebih senang bicara sendiri dengan teman sebangku daripada mendengar ceramah dari guru, siswa merasa mengantuk saat pemberian materi berlangsung. Menurut hasil wawancara dengan siswa kelas IV, siswa mendapatkan pembelajaran IPA dari ceramah guru di kelas dan tidak pernah melakukan praktik secara langsung, sehingga siswa merasa bosan dalam menerima materi pelajaran karena metode ceramah dianggap monoton dan tidak menarik.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6948
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository