dc.description.abstract | Agroindustri sebagai salah satu sub sistem penting dalam sistem
Agribisnis, memiliki potensi untuk mendorong pertumbuhan yang tinggi karena
pangsa pasar dan nilai tambah yang relatif besar. Dalam produk nasional, industri
pengolahan kerupuk ikan dalam produk pengolahan hasil perikanan laut
merupakan salah satu bagian dari usaha Agroindustri. Distribusi adalah masalah
perekonomian di Indonesia yang juga perlu dibenahi. Distribusi merupakan
bagian penting dari sebuah kegiatan ekonomi. Lancar atau tidaknya jalur distribusi
akan berpengaruh terhadap pasar dan kekuatan ekonomi masyarakat. Terkadang,
jalur distribusi yang harus dilewati seseorang begitu panjang sehingga
membutuhkan banyak biaya dan menjadikannya sebagai masalah perekonomian
di Indonesia yang sudah mentradisi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis saluran,
margin, dan efisiensi pemasaran kerupuk ikan untuk menentukan strategi
pemasaran dan prospek pengembangan agroindustri kerupuk ikan di daerah
penelitian. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analitik dan
deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan data primer dan sekunder.
Alat analisis data yang digunakan adalah (1) efisiensi margin pemasaran dan (2)
analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) saluran pemasaran
yang ada pada daerah penelitian terdapat tiga saluran yaitu saluran nol tingkat,
saluran satu tingkat dan saluran dua tingkat, (2) hasil analisis efisiensi pemasaran
yang diperoleh diketahui bahwa di daerah penelitian yang paling efisien adalah
saluran pemasaran satu tingkat sebesar 0,2 %, (3) diketahui bahwa Agroindustri
kerupuk ikan tersebut berada pada posisi White Area dengan menekankan pada
strategi S-O (Stength-Opportunities). | en_US |