• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Agriculture
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Agriculture
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    E F I S I E N S I P E MA S A R A N DA N P RO S P E K PENGEMBANGAN AGROINDUSTRI KERUPUK IKAN DI DESA GELUNG KECAMATAN PANARUKAN KABUPATEN SITUBONDO

    Thumbnail
    View/Open
    Nurita Qodariyah - 081510691028_1.pdf (154.3Kb)
    Date
    2013-12-09
    Author
    Nurita Qodariyah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Agroindustri sebagai salah satu sub sistem penting dalam sistem Agribisnis, memiliki potensi untuk mendorong pertumbuhan yang tinggi karena pangsa pasar dan nilai tambah yang relatif besar. Dalam produk nasional, industri pengolahan kerupuk ikan dalam produk pengolahan hasil perikanan laut merupakan salah satu bagian dari usaha Agroindustri. Distribusi adalah masalah perekonomian di Indonesia yang juga perlu dibenahi. Distribusi merupakan bagian penting dari sebuah kegiatan ekonomi. Lancar atau tidaknya jalur distribusi akan berpengaruh terhadap pasar dan kekuatan ekonomi masyarakat. Terkadang, jalur distribusi yang harus dilewati seseorang begitu panjang sehingga membutuhkan banyak biaya dan menjadikannya sebagai masalah perekonomian di Indonesia yang sudah mentradisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis saluran, margin, dan efisiensi pemasaran kerupuk ikan untuk menentukan strategi pemasaran dan prospek pengembangan agroindustri kerupuk ikan di daerah penelitian. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analitik dan deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan data primer dan sekunder. Alat analisis data yang digunakan adalah (1) efisiensi margin pemasaran dan (2) analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) saluran pemasaran yang ada pada daerah penelitian terdapat tiga saluran yaitu saluran nol tingkat, saluran satu tingkat dan saluran dua tingkat, (2) hasil analisis efisiensi pemasaran yang diperoleh diketahui bahwa di daerah penelitian yang paling efisien adalah saluran pemasaran satu tingkat sebesar 0,2 %, (3) diketahui bahwa Agroindustri kerupuk ikan tersebut berada pada posisi White Area dengan menekankan pada strategi S-O (Stength-Opportunities).
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6916
    Collections
    • UT-Faculty of Agriculture [4363]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository