• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN KECERDASAN SOSIAL ANAK MELALUI METODE PEMBELAJARAN KARYAWISATA DI HOMESCHOOLING (Studi Kasus Di Sekolah Dolan Merjosari Kabupaten Malang )

    Thumbnail
    View/Open
    Dias Putri Yuniar_001.pdf (143.3Kb)
    Date
    2013-12-09
    Author
    Dias Putri Yuniar
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Manusia merupakan makhluk sosial yang selalu hidup bersama orang lain, membutuhkan orang lain dan perilakunya juga selalu menunjukkan hubungan dengan orang lain. Secara instingtif manusia akan berhubungan satu dengan yang lain. Perkembangan kemampuan sosial anak dimulai pada masa prasekolah sampai akhir sekolah ditandai dengan meluasnya lingkungan sosial anak. Sekolah memberikan pengaruh yang sangat penting bagi anak terutama untuk perkembangan sosialnya, namun demikian masih ada orang tua yang merasa bahwa sekolah belum bisa menjawab kebutuhan pendidikan untuk anaknya, sehingga mereka memilih untuk melakukan homeschooling. Di sisi lain masih terdapat kekhawatiran terhadap kelemahan homeschooling, dimana anak-anak yang belajar di homeschooling kurang berinteraksi dengan teman sebaya dari berbagai status sosial yang dapat memberikan pengalaman berharga untuk belajar hidup di masyarakat. Padahal interaksi sosial dengan teman merupakan bagian yang penting bagi kehidupan anak-anak yang akan mempengaruhi kehidupan dewasanya di kemudian hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kecerdasan sosial anak dapat berkembang melalui metode pembelajaran karyawisata di homeschooling komunitas Sekolah Dolan, Merjosari Kabupaten Malang yang melibatkan anak-anak usia prasekolah (3-6 tahun), orang tua serta pamong belajar sebagai informan kunci dan kepala sekolah sebagai informan pendukung. Data diperoleh menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi yang disusun dengan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan jenis studi kasus. Analisis data menggunakan model interaktif 9 Milles dan Hubberman yang disajikan dalam bentuk tabel chek dan prosentase yang kemudian dikualifikasikan. Hasil penelitian membuktikan bahwa dengan karyawisata anak dapat memperoleh pengalaman belajar langsung di lingkungan nyata (teori belajar konstruktivisme), sesuai dengan konsep belajar learning by experience. Metode pembelajaran karyawisata dapat mengembangkan kecerdasan sosial anak, yang ditandai dengan indikator menjalin hubungan, kerjasama, empati dan mengatasi masalah. Pembelajaran yang turut melibatkan orang tua dalam pelaksanaannya menjadikan anak dapat menerima pelajaran secara penuh baik di rumah dan di sekolah. Interaksi yang dilakukan saat berkaryawisata tidak hanya dengan teman sebaya dalam satu komunitas, melainkan juga bergabung dengan sekolah lain dan orang-orang sekitar yang dijumpai saat berkaryawisata.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6823
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15369]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository