• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IV SD NEGERI MANGLI 01 JEMBER MELALUI METODE BERMAIN PERAN

    Thumbnail
    View/Open
    Serlis.pdf (846.0Kb)
    Date
    2013-12-09
    Author
    SERLIS
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilaksanakan di SDN Mangli 01 Kecamatan Kaliwates pada tanggal 18 Mei sampai dengan 19 Mei 2011. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Mangli 01 Jember pada semester genap tahun pelajaran 2010/2011. Penelitiinia dalah penelitian tindakan kelas( PTK) atau Classroom Action Research ( CAR). Penelitian ini menggunakan model skema penelitian Hopskin, penelitian tindakan dilaksanakan berupa proses pengkajian berdaur (cyclical) yang terdiri dari empat tahap. Pelaksanaan terdiri dari dua siklus yaitu siklus 1 dan siklus 2. Masing-masing siklus terdiri dari empat langkah utama yaitu perencanaan, tindakan, mengamati (observasi), refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan untuk menghitung persentase peningkatan aktifitas siswa dan peningkatan hasil belajar siswa berdasarkan hasil observasi dan hasil tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar dan aktivitas siswa mengalami peningkatan dari prasiklus ,siklus 1 dan sikluis 2. Berdasarkan hasil evaluasi siklus 1, siswa tuntas sebanyak 32 siswa ( 65,30% ) dan rata-rata kelas 67,9. Pada siklus 2, dengan dilaksanakan tes keterampilan berbicara melalui metode bermain peran, hasil tes siswa mengalami peningkatan. Siswa tuntas sebanyak 42 siswa ( 87,75% ) dan rata-rata kelas 82, sedangkan pada kegiatan prasiklus persentase rata-rata aktivitas siswa sebesar 64,55% dan pada siklus 1 mengalami peningkatan aktivitas siswa sebesar. Pada siklus ke 2 persentase rata-rata aktivitas sebesar yang termaksud dalam kategori aktivitassiswa yang aktif. Dari analisis hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Bermain Peran dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa pada semester genap tahun pelajaran 2010/2011 dengan nilai rata-rata kelas sebesar. Berdasarkan hasil dan kesimpulan, peneliti memberi saran kepada guru SD khususnya guru kelas IV hendaknya lebih kreatif dalam melakukan inovasi dalam menggunakan metode pengajaran bermain peran dalam keterampilan berbicara melalui metode bermain peran pada mata pelajaran bahasa Indonesia dan tentunya juga menggunakan metode pengajaran yang tetap pada setiap mata pelajaranl ainnya. Bagi siswa yang telah berhasil meningkatkan kemampuan berbicara, hendaknya terus mengembangkan kemampuannya dengan banyak berlatih dan belajar agar bias menggunakan metode bermain peran pada materi-materi Bahasa Indonesia selanjutnya.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6816
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository