dc.description.abstract | dari penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa setelah menerapkan model Cooperative learning tipe think pair and share (TPS) pada pokok bahasan kebebasan berorganisasi.
Penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan kelas melalui 2 tahap siklus. Dilaksanakan di kelas V yang terdiri dari 36 siswa, 15 laki-laki dan 21 perempuan. Siswa dibagi menjadi 18 kelompok yang heterogen dan saling berpasangan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus.
Metode pengumpulan data melalui tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi teknis. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Deskriptif kualitatif untuk menganalisis data berupa observasi, wawancara dan studi dokumentasi, sedangkan deskriptif kuantitatif untuk menganalisis hasil tes individu. Pengambilan data mulai dilakukan pada hari Kamis tanggal 21 Januari 2011 sampai hari Jumat 1 April 2011. Data yang dikumpulkan berupa aktivitas siswa dan tes individu.
Media yang digunakan adalah multimedia diantaranya komputer dengan proyektor, program power point yang digunakan dalam menyampaikan isi materi pembelajaran, dilengkapi pula animasi, gambar dan video pembelajaran.
Berdasarkan data yang telah diperoleh dari hasil observasi diketahui bahwa persentase aktivitas siswa pada siklus 1 sebesar 52,77 % dengan kriteria aktif dan meningkat pada siklus 2 sebesar 77,77 % dengan kriteria sangat aktif. Dari hasil tes akhir yang dilakukan, pada siklus 1 ketuntasan hasil belajar tercapai sebesar 83,3 % dan meningkat pada siklus 2 ketuntasan hasil belajar tercapai sebesar 91,67 %.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan penerapan Model Cooperative Learning Tipe Think Pair And Share (TPS) pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganeragaan dengan pokok bahasan kebebasan berorganisasi pada siswa kelas V Semester 2 di SD Negeri Kepatihan 02 Tahun Pelajaran 2010/2011. | en_US |