• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN MACAM-MACAM GERAK BENDA DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS III SDN KARANGREJO 02 TAHUN PELAJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    Suadin.pdf (127.7Kb)
    Date
    2013-12-09
    Author
    S U A D I N
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilaksanakan di SDN Karangrejo 02 kelas IIIB yang berjumlah 35 siswa yang dalam pelaksanaan pembelajarannya, siswa dibagi dalam 8 kelompok yang terdiri dari 4 dan 5 siswa dalam tiap kelompoknya. Desain ix penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dengan menganalisis prosentase aktivitas individu, klasikal dan ketuntasan hasil belajar. Pengambilan data dilakukan mulai tanggal 15 November 2010 sampai 25 Mei 2011 dengan subjek penelitian siswa kelas IIIB SDN Karangrejo 02 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Data yang dikumpulkan berupa penilaian aktivitas siswa, aktivitas guru, dan tes individu siswa. Pada siklus I, aktivitas siswa secara klasikal mencapai 85,71% dan prosentase ketuntasan hasil belajar secara klasikal mencapai 88,57%. Pada siklus II aktivitas siswa secara klasikal mencapai 100% dan prosentase ketuntasan hasil belajar secara klasikal mencapai 100%. Berdasarkan data dari siklus II tersebut, maka siswa kelas IIIB telah mencapai prosentase aktivitas secara klasikal, karena kelas dikatakan aktivitasnya baik bila terdapat minimal 70% dari jumlah siswa mendapat prosentase individu minimal 65% dalam kelas itu. Sedangkan berdasarkan ketuntasan hasil belajar secara klasikal pada siklus I dan Siklus II tersebut, maka siswa kelas IIIB telah mencapai ketuntasan hasil belajar secara klasikal, karena kelas dikatakan tuntas belajar bila terdapat minimal 70% dari jumlah keseluruhan yang telah mencapai skor ≥ 70. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan metode eksperimen siswa mengalami peningkatan aktivitas dan hasil belajar pada pokok bahasan macam-macam gerak benda.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6797
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15272]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository