Show simple item record

dc.contributor.authorRusdianto La Nunu
dc.date.accessioned2013-12-09T07:05:01Z
dc.date.available2013-12-09T07:05:01Z
dc.date.issued2013-12-09
dc.identifier.nimNIM070210204031
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6793
dc.description.abstractPenelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Pengambilan data dalam penelitian ini, dilaksanakan di SDN Kebonsari 01 Jember, di mulai pada tanggal 7 Mei sampai tanggal 14 Mei 2011 subjek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa sebayak 47 anak, terdiri dari 21 anak laki-laki dan 26 anak permpuan. Proses pengumpulan data mengunakan metode observasi, tes dan wawancara. Adapun tahap-tahap dalam penelitian ini yaitu, perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil analisis dari siklus 1 menunjukan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Pada siklus 1 aktivitas belajar siswa memperoleh skor rata-rata 85,10% dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 97,87%. Untuk hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh skor rata-rata 91,47% sedangkan pada siklus II meningkat lagi menjadi 95,74%. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode bermain peran dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pokok bahsan koperasi dan kesejahteraan masyarakat. Adapun saran yang diajukan peneliti dalam penelitian ini yaitu bagi guru adalah dalam melaksanakan kegiatan proses belajar mengajar hendaknya bisa menggunakan metode pembelajaran yang tepat agar siswa lebih aktif dalam belajar dan memperoleh prestasi yang maksimal, bagi lembaga pendidikan adalah dapat dijadikan sebagai bahan masukan yang berguna dan sekaligus bisa dijadikan sebagai umpan balik bagi pengambilan kebijaksanaan yang diambil dalam rangka peningkatan mutu beslajar mengajar dimasa mendatang dan untuk penlitian selanjutnya agar lebih mengembangakan penelitian dengan menggunakan metode bermain peran pada materi yang lain dalam ruang lingkup yang lebih luas dan dalam jangka waktu yang lama.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204031;
dc.subjectAktivitas dan Hasil Belajar IPS, Koperasi dan Kesejahteraan Masyarakaten_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN KOPERASI DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERMAIN PERAN PADA SISWA KELAS IV SDN KEBONSARI 01 JEMBER TAHUN AJARAN 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record