• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas X MIPA 5 SMA Negeri 1 Ambulu Berdasarkan Kemampuan Matematika;

    Thumbnail
    View/Open
    Agustin Puspitasari-110210101061.pdf (6.111Mb)
    Date
    2015-12-07
    Author
    Puspitasari, Agustin
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kemampuan literasi matematika diartikan sebagai kemampuan seseorang untuk merumuskan, menerapkan dan menafsirkan matematika dalam berbagai konteks, termasuk kemampuan melakukan penalaran secara matematis dan menggunakan konsep, prosedur, dan fakta untuk menggambarkan, menjelaskan atau memperkirakan fenomena/kejadian. PISA merupakan suatu studi internasional yang salah satu kegiatannya adalah menilai kemampuan literasi matematika, IPA dan bahasa yang dilakasanakan setiap 3 tahun sekali dan dirancang untuk siswa usia 15 tahun. Menurut penelitian yang dilakukan oleh PISA pada tahun 2000-2012 kemampuan literasi matematika siswa Indonesia masih rendah. Rata-rata siswa Indonesia berada pada level 1 kemampuan literasi matematika. Berdasarkan pemaparan di atas, akan dilakukan penelitian untuk menegetahui bagaimanakah kemampuan literasi matematika siswa berkemampuan matematika rendah, sedang, dan tinggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, metode tes dan metode wawancara mendalam. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Data yang dianalisis adalah data hasil tes kemampuan literasi matematika dan hasil wawancara. Kegiatan penelitian ini dilaksanakan selama 2 hari yaitu pada tanggal 18 dan 19 Desember 2014. Berdasarkan analisis kemampuan literasi matematika dengan menggunakan indikator PISA, dapat diketahui bahwa S1 berada pada level 2 kemampuan lierasi matematika. S1 mampu menjawab pertanyaan dengan konteks yang dikenal serta semua informasi yang relevan tersedia, mampu viii mengidentifikasi informasi, dan melakukan cara-cara yang umum berdasarkan instruksi yang jelas, mampu menunjukkan suatu tindakan sesuai stimulus yang diberikan, mampu menafsirkan dan mengenali situasi dengan konteks yang memerlukan kesimpulan langsung, mampu memilih informasi yang relevan dari banyak informasi yang diberikan, memahami tentang aritmatika sosial sangat baik dan mampu memberikan alasan langsung dengan baik untuk jawaban soal yang ditulisnya. S2 berada pada level 2 kemampuan lierasi matematika. S2 mampu menjawab pertanyaan dengan konteks yang dikenal serta semua informasi yang relevan tersedia, mampu mengidentifikasi informasi, dan melakukan cara-cara yang umum berdasarkan instruksi yang jelas, mampu menunjukkan suatu tindakan sesuai stimulus yang diberikan, mampu menafsirkan dan mengenali situasi dengan konteks yang memerlukan kesimpulan langsung, mampu memilih informasi yang relevan dari banyak informasi yang diberikan, memahami tentang aritmatika sosial sangat baik dan mampu memberikan alasan langsung dengan baik untuk jawaban soal yang ditulisnya. S3 berada pada level 3 kemampuan lierasi matematika. S3 mampu menjawab pertanyaan dengan konteks yang dikenal serta semua informasi yang relevan tersedia, mampu mengidentifikasi informasi, dan melakukan cara-cara yang umum berdasarkan instruksi yang jelas, mampu menunjukkan suatu tindakan sesuai stimulus yang diberikan, mampu menafsirkan dan mengenali situasi dengan konteks yang memerlukan kesimpulan langsung, mampu memilih informasi yang relevan dari banyak informasi yang diberikan, memahami tentang aritmatika sosial sangat baik dan mampu memberikan alasan langsung dengan baik untuk jawaban soal yang ditulisnya. S3 mampu melaksanakan prosedur dengan jelas, termasuk prosedur yang memerlukan keputusan secara berurutan, mampu memecahkan masalah, dan menerapkan strategi yang sederhana, mampu menafsirkan dan menggunakan representasi berdasarkan sumber informasi yang berbeda dan mengemukakan alasannya secara langsung, dan mampu mengomunikasikan hasil interpretasi dan alasanya.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/66773
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15272]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository