• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    KESIAPAN PARIWISATA INDONESIA DALAM MENGHADAPI ASEAN ECONOMIC COMMUNITY (AEC) 2015: ANALISIS STRATEGI PENINGKATAN JUMLAH WISATAWAN ASING

    Thumbnail
    View/Open
    Heru Sulistyo - 110910101049.pdf (2.570Mb)
    Date
    2015-12-07
    Author
    SULISTYO, HERU
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Indonesia adalah negara yang memiliki potensi pariwisata terbesar di Asia tenggara. Indonesia memiliki alam yang melimpah, budaya yang paling beragam, dan masyarakat yang terkenal ramah bagi turis asing. Namun, dari potensi yang dimiliki tersebut Indonesia masih lemah dalam mendatangkan wisatawan mancanegara dibandingkan negara tetangga Malaysia, Singapura, dan Thailand. Awal tahun 2016 ASEAN Economic Community akan dilaksanakan. Oleh sebab itu, sejak tahun 2009 kementerian pariwisata membuat berbagai strategi untuk meningkatkan jumlah wisatawan asing. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami kesiapan strategi pariwisata Indonesia dalam menghadapi ASEAN Economic Community (AEC). Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dan menggunakan data sekunder. Data sekunder yang dikumpulkan sebagian besar menggunakan studi kepustakaan. Selain itu penelitian itu juga menggunakan data primer, yaitu berupa wawancara langsung terutama dilakukan dengan menteri pariwisata. Data tersebut kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menghadapi AEC dan untuk menarik wisatawan asing, Indonesia terutama kementerian pariwisata merumuskan sejumlah strategi. Beberapa strategi yang telah dilaksanakan dari tahun 2009 hingga 2014 antara lain pembentukan Badan Promosi Pariwisata Indonesia (BPPI) yang bertugas untuk berkoordinasi dengan stakeholder pariwisata mengenai destinasi wisata maupun harga paket. Branding Wonderful Indonesia, Visit Indonesia Tourism Officer (VITO), dan Pameran Internasional yang bertujuan untuk meningkatkan citra pariwisata Indonesia dengan melakukan branding, advertising, dan selling. Selain itu, membuat strategi “Great” untuk mempermudah akses wisatawan ke destinasi wisata di Indonesia. Kemudian, pemerintah memberikan insentif dengan membuat kebijakan bebas visa ke berbagai negara potensial. Keberhasilan strategi yang dibuat tersebut membuat citra pariwisata Indonesia baik di dunia internasional dan berdampak pada peningkatan jumlah wisman setiap tahunnya. Tolak ukur tersebut menjadikan Indonesia siap menghadapi AEC 2015.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/66737
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5610]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository