Studi Deskriptif Imptementasi Kurikulum Satuan Pendidikan (KTSP) di Wilayah Eks Karesidenan Besuki
Abstract
Telah diyakini bahwa pergantian kurikulum pendidikan merupakan jawaban
:'::.s,fap kebutuhan masyarakat dan perkembangan ilmu pengetahuan teknologi dan
..- \amun demikian, kenyatannya hal tersebut dapat menimbulkan sejumlah
:,;-:::,:alahan. Kondisi ini terlihat ketika penerapan Kurikulum Berbasis Kompetensi
r-ts(r belum seluruh sekolah di Indonesia tuntas menerapkannya, pada tahun 2006
,r-(.;^h harus muncul Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Kondisi ini amat
-::ringungkan bagr guru utamanya Buru, khususnya guru-guru di Sekolah Dasar (SD)
:"-- Sekolah Menengah Pertama (St P).
Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang
rr.r:irrrentaSi KTSP pada jenjang pendidikan SMP di Kabupaten Jember, Bondowoso,
" -:.:rdo. dan Banyuwangi yang merupakan Wilayah Eks Karesidenan Besuki. Untuk
*.-::lai rujuan tersebut digunakan metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Sampel
:,r:;,iiian yang merupakan SMP Negeri maupun Swasta perkotaan dan'pedesaan di
.-;r.: -3ilen Jembeq Bondowoso, Situbondo dan Banyuwangi ditentukan dengan teknik
" , ":,.,-rrl'e randam sampling.
Berdasarkan temuan yang diperoleh dari pengamatan empirik dapat
: n:::,;liakan beberapa simpulan berikut. Pertama, elemen-elemen KTSP belum
r-::iementasi dengan baik yakni (a) penyusunan pengembangan KTSP, (b)
-,:* iinl,angan silabus, (c) pengembangan diri, (d) pembelajaran terpadu, (e)
-r-;.ilbangan muatan lokal, (f) penyusunan rancangan penilaian hasil belajar, (g)
:(r.,---\unan laporan peserta didik. Kdua, proses belajar mengajar yang berlangsung
-rrr.i::r menggunakan KTSP di Eks Karesidenan Besuki dilaksanakan sesuai dengan
:- - i :-prinsip dasar pedagogi modern dan yang mengutamakan pentingnya
:n:*;T:;3":raan, pelaksanaan, dan evaluasiyang tepat. Hal ini dapat diindikasikan dari (l)
r , t';x.tr,a'pirr persiapan mengajar guru (Rencana Program Pembelajaran/skenario
:r::::r,aiaran), bahan ajar (Lembar Kegiatan Siswa), serta media yang digunakan guru
*- -**. :::elaksanakan kegiatan pembelajaran; (2) kesesuaian pembelajaran dengan
r:'-.ri.- cembelajaran dan bervariasinya metode pembelajaran yang digunakan oleh
;"-;r-- jar (3) ketepatan dalam pemberian tugas, pemanfaatan sumber belajar, dan
:ri,r-:ii*:ii*?n perangkat evaluasi yang tepat untuk mendapatkan umpan balik dari siswa.
r;- iari perspektif kualitas masih dibutuhkan pembimbingan.