• Login
    View Item 
    •   Home
    • LECTURER RESEARCH REPORT (LEMLIT)
    • LRR-Hibah Peneitian Lain-lain
    • View Item
    •   Home
    • LECTURER RESEARCH REPORT (LEMLIT)
    • LRR-Hibah Peneitian Lain-lain
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Studi Deskriptif Imptementasi Kurikulum Satuan Pendidikan (KTSP) di Wilayah Eks Karesidenan Besuki

    Thumbnail
    View/Open
    Sujito.pdf (2.607Mb)
    Date
    2013-12-09
    Author
    Sujito
    Bambang Suyadi
    Lutfi Rohman
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Telah diyakini bahwa pergantian kurikulum pendidikan merupakan jawaban :'::.s,fap kebutuhan masyarakat dan perkembangan ilmu pengetahuan teknologi dan ..- \amun demikian, kenyatannya hal tersebut dapat menimbulkan sejumlah :,;-:::,:alahan. Kondisi ini terlihat ketika penerapan Kurikulum Berbasis Kompetensi r-ts(r belum seluruh sekolah di Indonesia tuntas menerapkannya, pada tahun 2006 ,r-(.;^h harus muncul Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Kondisi ini amat -::ringungkan bagr guru utamanya Buru, khususnya guru-guru di Sekolah Dasar (SD) :"-- Sekolah Menengah Pertama (St P). Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang rr.r:irrrentaSi KTSP pada jenjang pendidikan SMP di Kabupaten Jember, Bondowoso, " -:.:rdo. dan Banyuwangi yang merupakan Wilayah Eks Karesidenan Besuki. Untuk *.-::lai rujuan tersebut digunakan metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Sampel :,r:;,iiian yang merupakan SMP Negeri maupun Swasta perkotaan dan'pedesaan di .-;r.: -3ilen Jembeq Bondowoso, Situbondo dan Banyuwangi ditentukan dengan teknik " , ":,.,-rrl'e randam sampling. Berdasarkan temuan yang diperoleh dari pengamatan empirik dapat : n:::,;liakan beberapa simpulan berikut. Pertama, elemen-elemen KTSP belum r-::iementasi dengan baik yakni (a) penyusunan pengembangan KTSP, (b) -,:* iinl,angan silabus, (c) pengembangan diri, (d) pembelajaran terpadu, (e) -r-;.ilbangan muatan lokal, (f) penyusunan rancangan penilaian hasil belajar, (g) :(r.,---\unan laporan peserta didik. Kdua, proses belajar mengajar yang berlangsung -rrr.i::r menggunakan KTSP di Eks Karesidenan Besuki dilaksanakan sesuai dengan :- - i :-prinsip dasar pedagogi modern dan yang mengutamakan pentingnya :n:*;T:;3":raan, pelaksanaan, dan evaluasiyang tepat. Hal ini dapat diindikasikan dari (l) r , t';x.tr,a'pirr persiapan mengajar guru (Rencana Program Pembelajaran/skenario :r::::r,aiaran), bahan ajar (Lembar Kegiatan Siswa), serta media yang digunakan guru *- -**. :::elaksanakan kegiatan pembelajaran; (2) kesesuaian pembelajaran dengan r:'-.ri.- cembelajaran dan bervariasinya metode pembelajaran yang digunakan oleh ;"-;r-- jar (3) ketepatan dalam pemberian tugas, pemanfaatan sumber belajar, dan :ri,r-:ii*:ii*?n perangkat evaluasi yang tepat untuk mendapatkan umpan balik dari siswa. r;- iari perspektif kualitas masih dibutuhkan pembimbingan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6656
    Collections
    • LRR-Hibah Peneitian Lain-lain [79]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository