• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Model Pembelajaran ROPES (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary) disertai Media Audiovisual terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Fisika di MAN 1 Jember;

    Thumbnail
    View/Open
    Ellinda Eka Wahyuni-100210102019.pdf (7.065Mb)
    Date
    2015-12-04
    Author
    Wahyuni, Ellinda Eka
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Masalah utama dalam pembelajaran pada pendidikan formal (sekolah) adalah masih rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa, sehingga diperlukan suatu proses pembelajaran yang dapat membuat siswa aktif dalam kegiatan pembelajaran dan mampu mengkonstruk pengetahuannya sendiri serta mampu menarik respon siswa agar siswa menjadi lebih aktif dan mencapai tujuan pembelajaran. Salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat digunakan berupa model pembelajaran ROPES (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary). Pemberian media dalam suatu model akan lebih mampu mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Maka penelitian ini menggunakan model pembelajaran ROPES disertai media audiovisual untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan aktivitas belajar siswa selama proses belajar mengajar fisika menggunakan model pembelajaran ROPES (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary) disertai media audiovisual di MAN 1 Jember; (2) Mengkaji perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika siswa menggunakan model pembelajaran ROPES (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary) disertai media audiovisual dengan pembelajaran yang biasa digunakan guru di MAN 1 JEMBER. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental. Tempat penelitian ditentukan menggunakan metode purposive sampling area. Dalam penerapannya penelitian ini dilakukan di MAN 1 Jember. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji viii homogenitas pada kelas X. Penentuan sampel penelitian dengan cluster random sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah control-group post-test only design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan persentase aktivitas siswa untuk menjawab rumusan masalah yang pertama dan menggunakan uji untuk menjawab rumusan masalah yang kedua. Berdasarkan hasil analisa t-test menggunakan SPSS Statistics 17.0 diperoleh nilai Sig. sebesar 0.028 Penelitian ini menggunakan uji satu sisi (1-tailed) maka nilai Sig. (p-value) dibagi 2 sehingga nilai p-value adalah 0.014. Karena nilai Sig.= 0.014 lebih kecil dari α = 0.05, maka sesuai kriteria pengujian pada bab 3, ditetapkan Ha diterima dan H0 ditolak, sehingga dapat dinyatakan bahwa nilai rata-rata hasil belajar fisika kelas eksperimen dan kelas kontrol berbeda secara signifikan, artinya rata-rata hasil belajar fisika siswa kelas eksperimen lebih baik dibandingkan rata-rata hasil belajar fisika siswa kelas kontrol, terbukti pula dengn hasil akhir aktifitas siswa termasuk kategori sangat aktif karena berada pada rentang 80% - 90%, yaitu dengan persentase rata-rata sebesar 92.85 %. Ditinjau secara keseluruhan diketahui bahwa nilai rata-rata post-test siswa kelas eksperimen (77.43) lebih baik dibandingkan kelas kontrol (73.03). Berdasarkan analisis data yang diperoleh, kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Aktivitas belajar siswa selama mengikuti pembelajaran fisika yang menerapkan model pembelajaran ROPES disertai Media audiovisual di MAN 1 Jember tergolong sangat aktif dengan persentase aktivitas belajar secara klasikal sebesar ; (2) Ada perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran ROPES disertai media audiovisual yaitu ditinjau dari nilai rata-rata post-test siswa kelas eksperimen (77.43) lebih baik dibandingkan kelas kontrol (73.03)
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/66446
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [13105]

    UPT-Teknologi Informasi dan Komunikasi copyright © 2021  Perpustakaan Universitas Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    Repository Universitas Jember
    Repository Institut Pertanian Bogor
    Repository UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPT-Teknologi Informasi dan Komunikasi copyright © 2021  Perpustakaan Universitas Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    Repository Universitas Jember
    Repository Institut Pertanian Bogor
    Repository UIN Syarif Hidayatullah Jakarta