• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH FASILITAS BELAJAR DI SEKOLAH DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (Studi Kasus pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Kalisat Kabupaten Jember Semester Ganjil Tahun Ajaran 2011/2012)

    Thumbnail
    View/Open
    Achmad Ediroh_1.pdf (84.68Kb)
    Date
    2013-12-09
    Author
    ACHMAD EDIROH
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Faktor utama dalam pengembangan sumber daya manusia adalah dengan pendidikan. Pendidikan dapat menciptakan manusia produktif yang mampu memajukan bangsanya. Pendidikan dalam arti luas didalamnya terkandung pengertian mendidik, membimbing, mengajar dan melatih. Dalam keseluruhan proses pendidikan di sekolah, kegiatan belajar merupakan kegiatan yang paling pokok. Pendidikan merupakan suatu hal yang sangat penting dan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan seseorang, baik dalam keluarga, masyarakat, dan bangsa. Tanggung jawab pendidikan di Indonesia merupakan tanggung jawab seluruh masyarakat baik tenaga pendidik formal maupun informal. Masa depan bangsa tergantung dari para generasi muda, sehingga pendidikan bagi generasi muda sangat penting demi kemajuan bangsa. Kualitas pendidikan juga harus sesuai dan bermutu sehingga semua pihak harus mendukung bagi terselengaranya pendidikan di Indonesia. Keberhasilan seorang siswa dalam belajar dapat dilihat dari hasil belajar yang di peroleh siswa. Di sekolah siswa akan dinilai keberhasilannya melaui tes hasil belajar. Hasil belajar yang baik merupakan sesuatu yang diharapkan oleh siswa, guru, sekolah maupun orang tua. Keberhasilan siswa dalam mencapai hasil belajar yang baik dipengaruhi banyak faktor khususnya fasilitas belajar di sekolahdan motivasi belajar. Apabila kedua factor tersebut terpenuhi dengan baik maka dalam proses belajar siswa bisa lebih optimal dan dapat mencapai hasil belajar yang maksimal. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari fasilitas belajar di sekolah dan motivasi belajar terhadap hasil siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (Studi Kasus pada Siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kalisat Kabupaten Jember Semester Ganjil Tahun Ajaran 2011/2012), serta mengetahui pengaruh yang paling dominan diantara fasilitas belajar di sekolah dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu simple random sampling dengan sampel sebanyak 63 siswa, sedangkan metode pengumpulan data menggunakan metode angket, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis inferensial. Berdasarkan uji F menunjukkan bahwa fasilitas belajar di sekolah (X1) dan motivasi belajar (X2) berpengaruh secara nyata terhadap hasil belajar (Y). Dibuktikan pada hasil perhitungan Fhitung sebesar 32,874 > Ftabel 3,15 dan α = 0,05 > sig F = 0,000, yang berarti fasilitas belajar di sekolah dan motivasi belajar mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (Studi Kasus pada Siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kalisat Kabupaten Jember Semester Ganjil Tahun Ajaran 2011/2012), sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel fasilitas belajar di sekolah dan motivasi belajar secara simultan mempunyai pengaruh yang nyata terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan uji t menunjukkan bahwa fasilitas belajar di sekolah (X1) berpengaruh sebesar 24,66% dengan t sebesar 3,716. Sedangkan motivasi belajar berpengaruh sebesar 27,65% dengan t hitung sebesar 4,064. Berdasarkan perhitungan tersebut dapat diketahui bahwa variable motivasi belajar berpengaruh lebih dominan terhadap hasil belajar siswa. hitung Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa fasilitas belajar di sekolah dan motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. jadi ketersediaan fasilitas belajar di sekolah dan tingginya motivasi belajar siswa dapat meningkatkan hasil belajarnya.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6634
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository