PENGARUH GREEN PRODUCT, GREEN BRAND, DAN GREEN ADVERTISING TERHADAP KEPUTUSAN MEMBELI AIR MINUM KEMASAN BOTOL MEREK AQUA DI KECAMATAN SUMBERSARI KABUPATEN JEMBER
Abstract
Green product, green brand, dan green advertising mempunyai peranan
yang penting dalam membentuk suatu lingkungan bisnis yang bersahabat dengan
lingkungan sekitarnya dan menjadi suatu strategi baru dalam pemasaran yaitu
green marketing. Green marketing merupakan pemasaran ramah lingkungan
untuk meminimalisir dampak rusaknya lingkungan. Green product, green brand,
dan green advertising terdiri dari berbagai macam aktivitas termasuk modifikasi
produk, perubahan dalam proses, pergantian packaging serta perubahan promosi
yang semuanya itu berwawasan lingkungan. Aktivitas tersebut dapat dijadikan
sebagai penunjuk bahwa perusahaan tersebut peduli pada lingkungan sekitar dan
untuk memposisikan citra perusahaan di masyarakat. Penelitian ini bertujuan
untuk menguji dan menganalisis pengaruh green product, green brand dan green
advertising baik secara parsial maupun simultan terhadap keputusan membeli air
minum kemasan botol merek AQUA di Kecamatan Sumbersari Kabupaten
Jember.
Penelitian ini merupakan penelitian explanatory research. Populasi dalam
penelitian ini adalah masyarakat di Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember
yang sudah melakukan pembelian air minum kemasan botol merek AQUA.
Pengambilan populasi tidak mengalami hambatan, terdapat 100 responden
penelitian yang ditentukan dengan menggunakan teknik accidental sampling yaitu
penentuan anggota sampel berdasarkan siapa saja yang secara kebetulan bertemu
dengan peneliti berdasarkan kriteria tertentu sesuai dengan yang dikehendaki
peneliti. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data
sekunder. Data primer diperoleh dari hasil wawancara dengan menggunakan
kuesioner sedangkan data sekunder diperoleh dari artikel jurnal dan artikel dari
internet. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis
regresi linier berganda.
Berdasarkan pemaparan hasil dan pengamatan, maka dapat disimpulkan
bahwa green product, green brand, dan green advertising baik secara parsial
maupun simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan membeli
air minum kamasan botol merek AQUA di Kecamatan Sumbersari Kabupaten
Jember.
Collections
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Pengaruh Green Product, Green Brand, Dan Green Advertising Terhadap Keputusan Membeli Air Minum Kemasan Botol Merek AQUA Di Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember
DWI LESTARI, RENI (UNEJ, 2015)Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh green product, green brand dan green advertising baik secara parsial maupun simultan terhadap keputusan membeli air minum kemasan botol merek AQUA di Kecamatan ... -
PENGARUH GREEN PRODUCT DAN GREEN ADVERTISING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LAMPU LED PHILIPS DI JEMBER
Pamungkas, Gurit Indah (2015-12-03)Pengaruh green product dan green advertising terhadap keputusan pembelian lampu LED Philips di Jember. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis probabilitas terjadinya keputusan konsumen untuk membeli ... -
PENGARUH GREEN PRODUCT DAN GREEN ADVERTISING TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MEMBELI MOBIL SUZUKI KARIMUN WAGON R DI KOTA JEMBER (Studi Kasus Pada Konsumen Yang Telah Memutuskan Membeli Mobil Suzuki Karimun Wagon R)
Isna Poinsefty Firliani (2014-10-23)Green marketing merupakan pemasaran ramah lingkungan untuk meminimalisir dampak rusaknya lingkungan. Banyak konsumen yang semakin sadar terhadap permasalahan lingkungan menjadikan banyak perusahaan menerapkan isu-isu ...