Show simple item record

dc.contributor.advisorPrihandono, Trapsilo
dc.contributor.advisorHandayani, Rif’ati Dina
dc.contributor.authorRigasari, Avifatur
dc.date.accessioned2015-12-03T01:25:05Z
dc.date.available2015-12-03T01:25:05Z
dc.date.issued2015-12-03
dc.identifier.nim110210102014
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/66015
dc.description.abstractFisika merupakan ilmu yang mempelajari dan menganalisis gejala atau proses alam dan sifat zat serta penerapannya. Pada kenyataannya, kebanyakan siswa masih menganggap mata pelajaran fisika itu sulit. Salah satu faktor yang menimbulkan anggapan tersebut yaitu penggunaan model pembelajaran yang kurang menarik sehingga siswa jenuh dan kurang aktif saat proses belajar mengajar berlangsung. Secara umum model pembelajaran yang digunakan guru adalah model pembelajaran langsung, dimana di dalam model ini, pembelajaran bukan berpusat pada siswa melainkan berpusat pada guru. Penelitian ini dilakukan pada siswa SMA/ MA, maka sesuai dengan tahap perkembangan siswa tingkat SMA/ MA pembelajaran akan lebih baik apabila siswa dihadapkan dengan hal-hal yang bersifat menarik dan menyenangkan. Oleh karena itu, perlu diterapkan model pembelajaran yang mampu membuat siswa lebih aktif dalam mempelajari fisika dan menciptakan situasi pembelajaran yang menarik dan menyenangkan salah satunya dengan menerapkan Model Pembelajaran TGT disertai Media Kartu Remi Fisika selama pembelajaran Fisika. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengkaji perbedaan hasil belajar fisika siswa pada kelas yang menerapkan Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) disertai media Kartu Remi Fisika dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung, (2) mengkaji aktivitas belajar siswa selama menggunakan Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) disertai media Kartu Remi Fisika. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling area yang dilaksanakan di MAN 1 Jember. Sampel penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas terhadap populasi. Penentuan sampel penelitian menggunakan metode cluster random sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah viii Randomized Control Group Only Post Test Design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Metode analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian adalah Independent Sample T-test dengan bantuan software SPSS 16. Analisis hasil belajar menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar fisika kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Hal tersebut dikarenakan penerapan Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) disertai Media Kartu Remi Fisika dapat membuat siswa lebih mudah untuk memahami materi yang diajarkan karena mengajak siswa lebih dihadapkan pada contoh soal yang berkaitan dengan permasalahan fisika yang sedang dipelajari. Hasil yang diperoleh dari analisis rata-rata skor aktivitas belajar siswa menunjukkan prosentase aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran menggunakan Model Pembelajaran TGT disertai media Kartu Remi Fisika sebesar 82,74% dengan kriteria sangat aktif. Hal ini dikarenakan Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) mengandung unsur permainan, sehingga cenderung disukai siswa. Permainan dalam model ini dapat mengubah lingkungan yang semula membosankan menjadi menyenangkan, lebih menarik, dan menumbuhkan aktivitas terhadap siswa untuk mengikuti proses pembelajaran yang berlangsung (Kusumaningsih, 2009). Selain itu, berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan oleh Purwati (2013) dan Machin (2012) juga menyatakan bahwa penerapan Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa pada kelas yang menerapkan Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) disertai Media Kartu Remi Fisika dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung. (2) Aktivitas siswa menggunakan Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) disertai Media Kartu Remi Fisika tergolong sangat aktif berdasarkan rata-rata seluruh indikator yang disesuaikan dengan kriteria aktivitas siswa.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectTeams Games Tournamenten_US
dc.titleMODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) DISERTAI MEDIA KARTU REMI FISIKA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMAen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record