• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) DISERTAI MEDIA KARTU REMI FISIKA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA

    Thumbnail
    View/Open
    110210102014_Avifatur Rigasari.pdf (4.352Mb)
    Date
    2015-12-03
    Author
    Rigasari, Avifatur
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Fisika merupakan ilmu yang mempelajari dan menganalisis gejala atau proses alam dan sifat zat serta penerapannya. Pada kenyataannya, kebanyakan siswa masih menganggap mata pelajaran fisika itu sulit. Salah satu faktor yang menimbulkan anggapan tersebut yaitu penggunaan model pembelajaran yang kurang menarik sehingga siswa jenuh dan kurang aktif saat proses belajar mengajar berlangsung. Secara umum model pembelajaran yang digunakan guru adalah model pembelajaran langsung, dimana di dalam model ini, pembelajaran bukan berpusat pada siswa melainkan berpusat pada guru. Penelitian ini dilakukan pada siswa SMA/ MA, maka sesuai dengan tahap perkembangan siswa tingkat SMA/ MA pembelajaran akan lebih baik apabila siswa dihadapkan dengan hal-hal yang bersifat menarik dan menyenangkan. Oleh karena itu, perlu diterapkan model pembelajaran yang mampu membuat siswa lebih aktif dalam mempelajari fisika dan menciptakan situasi pembelajaran yang menarik dan menyenangkan salah satunya dengan menerapkan Model Pembelajaran TGT disertai Media Kartu Remi Fisika selama pembelajaran Fisika. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengkaji perbedaan hasil belajar fisika siswa pada kelas yang menerapkan Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) disertai media Kartu Remi Fisika dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung, (2) mengkaji aktivitas belajar siswa selama menggunakan Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) disertai media Kartu Remi Fisika. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling area yang dilaksanakan di MAN 1 Jember. Sampel penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas terhadap populasi. Penentuan sampel penelitian menggunakan metode cluster random sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah viii Randomized Control Group Only Post Test Design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Metode analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian adalah Independent Sample T-test dengan bantuan software SPSS 16. Analisis hasil belajar menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar fisika kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Hal tersebut dikarenakan penerapan Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) disertai Media Kartu Remi Fisika dapat membuat siswa lebih mudah untuk memahami materi yang diajarkan karena mengajak siswa lebih dihadapkan pada contoh soal yang berkaitan dengan permasalahan fisika yang sedang dipelajari. Hasil yang diperoleh dari analisis rata-rata skor aktivitas belajar siswa menunjukkan prosentase aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran menggunakan Model Pembelajaran TGT disertai media Kartu Remi Fisika sebesar 82,74% dengan kriteria sangat aktif. Hal ini dikarenakan Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) mengandung unsur permainan, sehingga cenderung disukai siswa. Permainan dalam model ini dapat mengubah lingkungan yang semula membosankan menjadi menyenangkan, lebih menarik, dan menumbuhkan aktivitas terhadap siswa untuk mengikuti proses pembelajaran yang berlangsung (Kusumaningsih, 2009). Selain itu, berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan oleh Purwati (2013) dan Machin (2012) juga menyatakan bahwa penerapan Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa pada kelas yang menerapkan Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) disertai Media Kartu Remi Fisika dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung. (2) Aktivitas siswa menggunakan Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) disertai Media Kartu Remi Fisika tergolong sangat aktif berdasarkan rata-rata seluruh indikator yang disesuaikan dengan kriteria aktivitas siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/66015
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [13143]

    UPT-Teknologi Informasi dan Komunikasi copyright © 2021  Perpustakaan Universitas Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    Repository Universitas Jember
    Repository Institut Pertanian Bogor
    Repository UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPT-Teknologi Informasi dan Komunikasi copyright © 2021  Perpustakaan Universitas Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    Repository Universitas Jember
    Repository Institut Pertanian Bogor
    Repository UIN Syarif Hidayatullah Jakarta