• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Agriculture
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Agriculture
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS PEMASARAN DAN STRATEGI PENGEMBANGAN USAHATANI KUBIS DI DESA SUMBERJO KECAMATAN AMBULU KABUPATEN JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Mega Ratnasari - 101510601100.pdf (1.305Mb)
    Date
    2015-12-02
    Author
    Ratnasari, Mega
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Desa Sumberjo Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember merupakan desa penghasil kubis tertinggi di Kabupaten Jember. Desa Sumberjo memiliki hasil produksi yang sangat baik sehingga diminati oleh banyak konsumen. Penelitian mengenai pemasaran kubis dan strategi pengembangan usahatani kubis di Desa Sumberjo perlu dilakukan, mengingat tanaman kubis merupakan tanaman sayuran yang apabila tidak segera dipasarkan akan mudah rusak, dan tanaman kubis sendiri memiliki prospek yang menguntungkan sehingga perlu adanya strategi pengembangan. Harga jual kubis ditentukan oleh pedagang dan petani hanya sebagai penerima harga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) saluran-saluran pemasaran kubis yang berada di Desa Sumberjo; (2) mengetahui efisiensi saluran pemasaran kubis di Desa Sumberjo; (3) mengetahui strategi pengembangan usahatani kubis di Desa Sumberjo. Untuk menentukan daerah peneilitian menggunakan Purposive method. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif dan analitik. Untuk menentukan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan metode Porposive Sampling, Proporsionate Random Sampling dan Snowball Sampling. Porposive Sampling digunakan untuk pengambilan sempel kelompok tani yaitu lima kelompok tani, dan Proporsionate Random Sampling digunakan untuk menentukan jumlah responden. Snowball Sampling digunakan untuk menentukan lembaga pemasaran Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan analisis Margin Pemasaran dan Anlisis SWOT. Berdasarkan hasil dari penelitian menunjukan bahwa (1) saluran pemasaran kubis di Desa Sumberjo terdapat tiga macam saluran pemasaran, yaitu saluran pemasaran satu tingkat (Petani → Tengkulak → Konsumen), saluran pemasaran dua tingkat (Petani → Tengkulak → Pengecer → Konsumen), dan saluran pemasaran tiga tingkat (Petani → Tengkulak → Pedagang Besar → Pengecer → Konsumen); (2) Saluran pemasaran yang paling efisien yaitu saluran pemasaran satu tingkat; (3) Strategi yang perlu dilakukan yaitu penggunaan lahan secara optimal, menjaga dan meningkatkan kualitas produk, memperbesar skala skala produksi, menekan adanya biaya produksi seminimal mungkin, meningkatkan informasi pasar, penggunaan bibit unggul, menjaga tanaman secara intensif agar terhindar dari serangan opt, memperkuat posisi tawar, perlu adanya pembinaan untuk memaksimalkan produksi kubis, menyediakan lembaga infomasi pasar, menyediakan lembaga keuangan atau koprasi
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65891
    Collections
    • UT-Faculty of Agriculture [4422]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository