• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DENGAN MENGGUNAKAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) KELAS IV SDN SEMPUSARI 1 KABUPATEN JEMER TAHUN AJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    Nurasiah.pdf (861.4Kb)
    Date
    2013-12-09
    Author
    Nurasiah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar melalui pembelajaran kooperatif model STAD mata pelajaran IPS siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Sempusari 1 Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2009/2010. Pengambilan data dalam penelitian ini, dilaksanakan di SDN Sempusari 1, dimulai pada tanggal 20 Mei 2011 sampai tanggal 1 Juni 2011, subyek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 48 anak, terdiri dari 22 lakilaki dan 26 perempuan. Jenis penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes dan wawancara. Data yang dikumpulkan berupa nilai ulangan harian siswa, tes akhir siklus I, dan tes akhir sklus II, analisis aktifitas siswa selama proses pembelajaran IPS. Hasil analisis pada aktifitas siswa selama pembelajaran IPS siklus I memperhatikan pelajaran 78,64%, bertanya dan mengeluarkan pendapat 56,77%, diskusi dalam kelompok 63,03%, memecahkan soal diskusi 62,5%, semangat dalam pembelajaran 80,72%, sampai pembelajaran siklus II mengalami peningkatan, memperhatikan pelajaran 84,37%, bertanya dan mengeluarkan pendapat 65,62%, diskusi dalam kelompok 67,18%, memecahkan soal diskusi 65,62%, dan semangat dalam pembelajaran 85,41%. Kemudian hasil analisis ketuntasan belajar siswa yang diperoleh dari persentase ketuntasan belajar kuis pada siklus I secara klasikal sebesar 62,5% dan siklus II secara klasikal sebesar 85,41%. Kesimpulan yang didapat dari hasil analisis data dan pembahasan adalah terjadi peningkatan aktivitas dan prestasi belajar melalui pembelajaran kooperatif model STAD mata pelajaran IPS. Berdasarkan hasil penelitian terhadap penerapan pembelajaran coopertive Learning tipe STAD pada pokok bahasan perkembangan teknologi di Kelas IV semester genap SDN Sempusari 1, maka saran yang dapat diberikan peneliti adalah: bagi guru hendaknya lebih aktif dalam melakukan inovasi pembelajaran, agar siswa tidak merasa bosan, tidak kesulitan dalam memahami materi dan aktif selama pembelajaran.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6577
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository