• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINKING EMPOWERMENT BY QUESTIONING (TEQ) DENGAN MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI

    Thumbnail
    View/Open
    110210103070_Riski Nur Sholeha.pdf (1.954Mb)
    Date
    2015-12-02
    Author
    Sholeha, Riski Nur
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Thinking Empowerment by Questioning (TEQ) adalah model pembelajaran yang proses pembelajarannya dikonsentrasikan untuk mendapatkan pengetahuan dan pengalaman melalui pertanyaan-pertanyaan agar siswa dapat berpikir kritis (Corebima, 2009:16). Pada penelitian ini TEQ dikolaborasikan dengan mind mappingyang merupakan suatu cara mengorganisasikan danmenyajikan konsep, ide atau informasi lainya dalam bentuk diagram dengan menggunakan kombinasi gambar (simbol), warna dan garis-garis yang saling menghubungkan konsep yang dipetakan (Widura, 2013:11). Penggunaan model pembelajaran TEQ dengan mind mapping siswa akan terlatih untuk berpikir tingkat tinggi melalui pertanyaan terutama di sekolah dan membantu siswauntuk melihat suatu materi sebagai suatu pengetahuan yang utuh sehingga dapat diingat dengan cepat dan efesien (Windura, 2013:101). Ilustrasi gambar pada mind mapping sangat memberdayakan proses berpikir dan membantu pemahaman, selain itu dapat menghilangkan kejenuhan (Corebima, 2009:19). Setelah mengalami proses pembelajaran siswa akan mendapat pengalaman belajar mengajar selama periode tertentu dan menyebabkan perubahan hasil belajar (Kunandar, 2010:276). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembeljaran Thinking Empowerment by Questioning (TEQ) dengan mind mapping terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jember tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasieksperiment (eksperimen semu) yaitu dengan cara menerapkan model pembelajaran Thinking Empowerment by Questioning (TEQ) dengan mind mapping pada kelas ix eksperimen dan model pembelajaran secara konvensional yaitu ceramah, diskusi dan presentasi pada kelas kontrol. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis data yang digunakan untuk menguji kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar afektif adalah uji Independent Sample T-Test, sedangkan hasil belajar kognitif diuji menggunkan ANAKOVA dengan nilai awal pre-test terhadap nilai akhir post-test, hasil belajar afektif diukur dengan Uji Independent Sample T-Test, menggunakan program SPSS for windows versi 17,0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata kemampuan berpikir kritis dan hasil belajarbiologi kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Thinking Empowerment by Questioning (TEQ) dengan mind mapping lebih baik daripada kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional yaitu ceramah, diskusi, presentasi, dan tanya jawab. Hal tersebut karena model pembelajaran TEQ menuntun siswa untuk menggali kemampuannya melalui pertanyaan-pertanyaan yang diberikan kepada siswa secara terencana (Corebima, 2009:16). Oleh sebab itu siswa dapat berlatih secara mandiri dalam membangun konsep yang dapat menunjang perkembangan berpikir kritis. model pembelajaran TEQ dengan mind mapping yang diterapkan pada kelas eksperimen membuat siswa dapat belajar dengan afektif. Pembelajaran yang efektif merupakan pembelajaran yang dalam prosesya mengalami keefektifan (keberhasilan) yang diwujudkan dengan adanya hasil belajar siswa yang lebih baik atau memenuhi batas minimal kopetensi yang dirumuskan, maka pembelajaran dapat dikatakan efektif karena nilai hasil belajar siswa mengalami peningkatan dibandingkan sebelum pembelajaran (Uno dan Mohamad 2011:173). Model pembelajaran TEQ dengan mind mapping yang diterapkan pada siswa kelas eksperimen memiliki tahapan langkah-lagkah yang dapat membuat siswa lebih aktif dalam proses pembelajarannya,dengan membuat mind mapping dapat menjadikan siswa menemukan kemudahan untuk mengidentifikasi secara jelas dan kreatif materiyang mereka pelajari.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65728
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository