Show simple item record

dc.contributor.authorDhimas Ramadhan Andrianto
dc.date.accessioned2013-12-09T03:33:36Z
dc.date.available2013-12-09T03:33:36Z
dc.date.issued2013-12-09
dc.identifier.nimNIM100903102012
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6559
dc.description.abstractPelayanan makanan atau service yang baik dan berkualitas terhadap tamu merupakan hal utama yang menjadi prioritas bagi pihak pengelola Resto Nine and The D’Club Surabaya. Seorang waiter/ss di restoran ini dituntut untuk selalu memberikan senyum hangat pada tamu yang datang dan melayani mereka dengan sepenuh hati serta selalu bersikap ramah, namun tidak bersifat kekeluargaan. Tujuan pelayanan ini adalah untuk memberikan kesan nyaman kepada para tamu sehingga membuat mereka untuk datang kembali ke restoran ini di waktu yang berbeda. Standar kerja karyawan Resto Nine, terutama waiter/ss, secara keseluruhan merujuk pada Standard Operation Procedure (SOP) yang disusun oleh manajer restoran. Halhal yang berkaitan dengan tata cara pelayanan terhadap tamu, tugas karyawan restoran, personal grooming, dan lain sebagainya secara rinci dijelaskan dalam SOP restoran ini. Pembagian tugas waiter/ss di masing-masing shift kerja dibedakan. Untuk shift pagi, waiter/ss ditugaskan untuk lebih fokus pada preparation atau persiapan awal sebelum tamu datang. Hal-hal yang dikerjakan diantaranya adalah membersihkan meja-meja tamu, merapikan cutleries yang tersimpan di side stand, mengecek peralatan dan perlengkapan yang digunakan untuk operasional, menghidupkan AC, dan lain sebagainya. Untuk shift siang dan sore, tugas waiter/ss lebih fokus pada pelayanan kepada tamu, namun untuk waiter/ss yang masuk di shift sore biasanya saat closing atau menjelang restoran tutup akan melakukan persiapanpersiapan yang diperlukan untuk reservasi tamu di keesokan harinya, seperti menata ruang reservasi, mem-polish cutleries, glassware, dan chinaware yang digunakan dan lain sebagainya. Keseluruhan jadwal dan pembagian jam kerja setiap karyawan ini secara bijak telah diatur oleh manajer operasional Resto Nine.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100903102012;
dc.subjectKINERJA WAITER/SS, RESTO NINE AND THE D’ CLUB SURABAYAen_US
dc.titleKINERJA WAITER/SS DALAM MELAYANI TAMU DI RESTO NINE AND THE D’ CLUB SURABAYAen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • DP-Travel Agent [250]
    Koleksi Laporan Praktikum Program DIII Usaha Perjalanan Wisata

Show simple item record