KINERJA WAITER/SS DALAM MELAYANI TAMU DI RESTO NINE AND THE D’ CLUB SURABAYA
Abstract
Pelayanan makanan atau service yang baik dan berkualitas terhadap tamu
merupakan hal utama yang menjadi prioritas bagi pihak pengelola Resto Nine and
The D’Club Surabaya. Seorang waiter/ss di restoran ini dituntut untuk selalu
memberikan senyum hangat pada tamu yang datang dan melayani mereka dengan
sepenuh hati serta selalu bersikap ramah, namun tidak bersifat kekeluargaan. Tujuan
pelayanan ini adalah untuk memberikan kesan nyaman kepada para tamu sehingga
membuat mereka untuk datang kembali ke restoran ini di waktu yang berbeda.
Standar kerja karyawan Resto Nine, terutama waiter/ss, secara keseluruhan merujuk
pada Standard Operation Procedure (SOP) yang disusun oleh manajer restoran. Halhal
yang berkaitan dengan tata cara pelayanan terhadap tamu, tugas karyawan
restoran, personal grooming, dan lain sebagainya secara rinci dijelaskan dalam SOP
restoran ini.
Pembagian tugas waiter/ss di masing-masing shift kerja dibedakan. Untuk
shift pagi, waiter/ss ditugaskan untuk lebih fokus pada preparation atau persiapan
awal sebelum tamu datang. Hal-hal yang dikerjakan diantaranya adalah
membersihkan meja-meja tamu, merapikan cutleries yang tersimpan di side stand,
mengecek peralatan dan perlengkapan yang digunakan untuk operasional,
menghidupkan AC, dan lain sebagainya. Untuk shift siang dan sore, tugas waiter/ss
lebih fokus pada pelayanan kepada tamu, namun untuk waiter/ss yang masuk di shift
sore biasanya saat closing atau menjelang restoran tutup akan melakukan persiapanpersiapan
yang diperlukan untuk reservasi tamu di keesokan harinya, seperti menata
ruang reservasi, mem-polish cutleries, glassware, dan chinaware yang digunakan dan
lain sebagainya. Keseluruhan jadwal dan pembagian jam kerja setiap karyawan ini
secara bijak telah diatur oleh manajer operasional Resto Nine.
Collections
- DP-Travel Agent [250]