• Login
    View Item 
    •   Home
    • DIPLOMA PROGRAMME PRACTICE REPORT (Laporan Diploma)
    • DP-Travel Agent
    • View Item
    •   Home
    • DIPLOMA PROGRAMME PRACTICE REPORT (Laporan Diploma)
    • DP-Travel Agent
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    SISTEM KERJA PADA DEPARTEMEN MAKANAN DAN MINUMAN DI ROYAL HOTEL N’ LOUNGE JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Anggun Aprilliah - 100903102018_1.pdf (310.4Kb)
    Date
    2013-12-09
    Author
    Anggun Aprilliah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Dalam dunia pariwisata, akomodasi memegang peranan yang sangat penting selain faktor-faktor lain yang ikut menunjang suksesnya kepariwisataan. Royal Hotel n’ Lounge Jember adalah hotel baru yang berstatus bintang tiga (***) di Jember, yang merupakan salah satu jasa pariwisata yang menyediakan fasilitas penginapan, dan makan dan minum (food and beverage). Hotel ini didirikan untuk tujuan berbisnis, didalam hotel ini banyak terdapat bagian struktur organisasi yang terdiri dari yang terdiri dari Marketing Hotel, Front Office Departement, Food and Beverage Departement, Housekeeping Departement, Laundry Section, Enginering, Finance Departement, dan Personal Departement yang masing-masing memiliki wewenang dan tanggung jawab sendiri-sendiri dan saling terkait. Oleh karena itu, dibutuhkan sistem kerja yang sesuai dengan Standart Operational Procedure (SOP) di masingmasing bagian agar tercapainya tujuan bersama, terutama pada departemen food and beverage. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem kerja pada departemen food and beverage yang terdiri dari departemen food and beverage service dan food and beverage product. Hasil penelitian diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai tolak ukur bagi karyawan agar bekerja sesuai standar kerja yang sudah ditetapkan. Sistem kerja merupakan tahapan/cara kerja yang tidak dapat dipisahkan untuk mencapai tujuan bersama. Penulis melihat sistem kerja dari awal bulan Februari hingga awal Mei pada departemen Food and Beverage Royal Hotel n’ Lounge Jember yang terdiri dari bagian service, banquet, dan kitchen sudah sesuai dengan Standart Operational Procedure (SOP) yang dimiliki oleh Royal Hotel n’ Lounge Jember, misalnya seperti kedatangan karyawan yang tepat waktu, menjaga kebersihan, dan saling menjaga komunikasi pada setiap shift agar tidak terjadi kesalahan dalam bekerja, dan realisasinya juga sesuai dengan sistem kerja yang sudah ditetapkan, bahkan ada yang melebihi Standart Operational Procedure (SOP). Penulis melihat beberapa karyawan yang bukan tanggung jawabnya membantu untuk karyawan lain ketika terjadi keramaian pengunjung atau tidak, misalnya seperti seorang steward membantu menyiapkan bahan makanan yang akan dimasak oleh cook dan helper, begitu juga sebaliknya ketika steward membutuhkan bantuan untuk mencuci peralatan makan dan minum restoran, seorang cook dan helper pun ikut membantu mencuci peralatan restoran tersebut.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6526
    Collections
    • DP-Travel Agent [261]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository