Show simple item record

dc.contributor.advisorSunardi
dc.contributor.advisorSusanto
dc.contributor.authorBUDIARTI, VIVI LIA
dc.date.accessioned2015-12-01T01:10:54Z
dc.date.available2015-12-01T01:10:54Z
dc.date.issued2015-12-01
dc.identifier.nim110210204090
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65219
dc.description.abstractSekolah merupakan salah satu lembaga penyelenggara pendidikan yang diharapkan mampu untuk mengembangkan potensi peserta didik. Matematika merupakan salah satu disiplin ilmu yang dapat meningkatkan kemampuan berfikir, berargumentasi dalam penyelesaian masalah sehari-hari dan untuk mendukung perkembangan ilmu pengetahuan. Oleh karena itu, matematika sebagai ilmu dasar perlu dikuasai dengan baik oleh siswa, terutama sejak usia sekolah dasar. Salah satu cabang matematika adalah geometri. Pembelajaran geometri pada jenjang Sekolah Dasar perlu diajarkan dan diterapkan dengan proses berpikir yang sesuai dengan siswa di sekolah dasar. Oleh karena itu dari beberapa teori pembelajaran yang ada dan sesuai dengan tingkatan berfikir siswa adalah teori belajar van Hiele, karena dalam penerapan teori belajar van Hiele terdapat lima tahapan berpikir yang akan berguna dalam pemahaman materi geometri terutama pada luas persegi dan persegi panjang. Rumusan masalah pada penilitian ini yaitu adakah pengaruh yang signifikan penerapan teori belajar van Hiele terhadap hasil belajar pokok bahasan luas persegi dan persegi panjang siswa kelas III SDN Sumbersari 01 Jember tahun pelajaran 2014/2015 dan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan penerapan teori belajar van Hiele terhadap hasil belajar pokok bahasan luas persegi dan persegi panjang siswa kelas III SDN Sumbersari 01 Jember tahun pelajaran 2014/2015. ix Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Penelitian eksperimen merupakan penelitian yang caranya adalah dengan membandingkan satu atau lebih kelompok pembanding yang tidak menerima perlakuan. Pelaksanaan pembelajaran ini dilakukan di SDN Sumbersari 01 Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental semu atau quasi experimental dengan pola pre-test post-test control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IIIA dan IIIB SDN Sumbersari 01 Jember. Sebelum menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol, maka dilakukan uji homogenitas terhadap populasi untuk menentukan tingkat kemampuan awal yang dimiliki. Hasil perhitungan menggunakan SPSS mendapatkan harga t0 = 0,093, selanjutnya harga dikonsultasikan dengan harga diketahui dbd = 75, pada taraf signifikansi 5% sehingga nilai = 1,995. Dengan demikian tidak ada perbedaan mean yang signifikan antara kelas IIIA dan IIIB, hal ini menunjukkan tingkat kemampuan awal siswa sebelum diberikan perlakuan adalah homogen. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes yang merupakan data utama dalam penelitian ini. Skor tes siswa berupa nilai hasil pre-test dan post-test yang dianalisis dengan menggunakan rumus uji-t. Berdasarkan perhitungan menggunakan program SPSS maka diperoleh nilai rata-rata beda pre-test dan post-test pada kelas eksperimen ( ) sebesar 46,7105 sedangkan nilai rata-rata beda pre-test dan post-test pada kelas kontrol ( ) sebesar 24,61538. Hasil perhitungan dengan menggunakan program SPSS diperoleh to = 7,672 harga ini kemudian dikonsultasikan dengan dengan db = 75, pada taraf signifikansi 5% sehingga memperoleh t tabel = 1,995. Berdasarkan analisis tersebut diperoleh > yaitu 7,672 > 1,995, dengan demikian hipotesis nihil ( ) ditolak dan hipotesis alternatif ( ) diterima. Jadi terdapat pengaruh antara penerapan teori belajar van Hiele terhadap hasil belajar pokok bahasan luas persegi dan persegi panjang siswa kelas III SDN Sumbersari 01 Jember tahun pelajaran 2014/2015.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectTeori Belajar Van Hieleen_US
dc.titlePENGARUH PENERAPAN TEORI BELAJAR VAN HIELE TERHADAP HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN LUAS PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG SISWA KELAS III SDN SUMBERSARI 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2014/2015en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record