• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    STRATEGI PEMBERDAYAAN PEMUDA MELALUI KARANG TARUNA DI RW 02 KELURAHAN ROGOTRUNAN KECAMATAN LUMAJANG KABUPATEN LUMAJANG TAHUN 2015

    Thumbnail
    View/Open
    110210201025_SRIAMI RETNO WURI_may.pdf (1.100Mb)
    Date
    2015-11-30
    Author
    WURI, SRIAMI RETNO
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Generasi muda merupakan satuan unit sosial yang melengkapi eksistensi suatu masyarakat. Menyadari betapa strategisnya keberadaan dan kedudukan generasi muda di kalangan masyarakat, maka tidaklah mengherankan apabila setiap bangsa di seluruh penjuru dunia sangat menggantungkan harapan kepada generasi muda mereka. Demikian halnya generasi muda Indonesia diharapkan mampu meletakkan dasar-dasar kesatuan yang tidak terpisahkan antara eksistensinya dirinya, pembangunan, serta masa depan bangsa Indonesia yang lebih baik. Sehubungan dengan hal itu, generasi muda diharapkan terbebas dari berbagai bentuk permasalahan yang dapat mengganggu perkembangan jasmani, rohani, dan sosial dalam mempersiapkan diri menerima tanggung jawab untuk melanjutkan upaya pencapaian cita-cita perjuangan bangsa serta sebagai agen peningkatan pemberdayaan. Dalam peningkatan pemberdayaan, pemuda memiliki peranan yang sangat penting. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pemberdayaan pemuda melalui karang taruna di RW 02 Kelurahan Rogotrunan Kecamatan Lumajang Kabupaten Lumajang tahun 2015 ? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemberdayaan pemuda melalui karang taruna di RW 02 Kelurahan Rogotrunan Kecamatan Lumajang Kabupaten Lumajang tahun 2015. Hasil penelitian ini akan bermanfaat untuk menambah wawasan dan dapat dijadikan masukan teoritis bagi program pendidikan luar sekolah khususnya program pemberdayaan pemuda. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Tempat yang dijadikan sebagai tempat penelitian adalah karang Taruna ix di RW 02 Kelurahan Rogotrunan Kecamatan Lumajang Kabupaten Lumajang. Penentuan daerah penelitian ini menggunakan metode purposive area. Teknik penentuan informan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan snowball. Informannya adalah anggota karang taruna dan pengelola karang taruna tersebut dengan jumlah keseluruhan 25 informan. Sumber data yang didapat dari informan kunci dan informan pendukung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Agar kepercayaan terhadap data menjadi tinggi digunakan beberapa teknik pengolahan data, yakni perpanjangan keikutsertaan, Ketekunan pengamat dan Triangulasi. Analisa data dilakukan dengan menggunakan analisis model Miles dan Haberman yakni reduksi data, penyajian data, dan mengambil kesimpulan atau verifikasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil yang di dapat dalam penelitian ini terdapat 5 strategi yang digunakan untuk pemberdayaan pemuda melalui karang taruna. Dari semua strategi terdapat 13 temuan yang digunakan untuk menunjang keberhasilan pemberdayaan. Dengan adanya beberapa strategi tersebut diharapkan mampu menunjang keberhasilan pemberdayaan pemuda di RW 02 Kelurahan Rogotrunan. Berdasarkan pada hasil penelitian ini, saran yang dapat diberikan oleh peneliti untuk Pengelola karang taruna supaya memberikan kegiatan yang mengandung kreativitas dengan memberikan tambahan keterampilan pada pemuda agar nantinya pemuda dapat secara mandiri termotivasi untuk menghasilkan produk yang kreatif, terampil, dan inovatif dengan memanfaatkan kondisi lingkungan. Untuk seluruh anggota karang taruna agar selalu konsisten, kompak, dan semangat dalam setiap kegiatan. Mampu menumbuh kembangkan hasil karya dari para pemuda khususnya untuk kegiatan kesenian musik patrol serta selalu mengkomunikasikan apa saja yang menjadi kendala dan kebutuhan pemuda dalam pengembangan kegiatan maupun organisasi antara anggota karang taruna dengan pengelola karang taruna.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65015
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository