• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Penggunaan Metode Role Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III Tema Keperluan Sehari-Hari Subtema Jenis-Jenis Pekerjaan di SDN Dabasah 3 Bondowoso Tahun Pelajaran 2014/2015

    Thumbnail
    View/Open
    Ratna Puji Anjani-110210204091-chn.bak.pdf (1.957Mb)
    Date
    2015-11-30
    Author
    Anjani, Ratna Puji
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penggunaan metode yang tepat merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar. Penggunaan metode pembelajaran yang monoton dapat membuat siswa merasa bosan mengikuti pembelajaran sehingga mengakibatkan siswa pasif di dalam kelas serta hasil belajar yang kurang optimal. Metode Role Playing merupakan salah satu metode alternatif yang dapat digunakan oleh guru untuk mengembangkan potensi siswa memahami pembelajaran melalui sarana yang menyenangkan sehingga merangsang siswa untuk aktif mengikuti pembelajaran. Rumusan masalah penelitian ini adalah adakah pengaruh penggunaan metode role playing terhadap hasil belajar siswa kelas III tema keperluan sehari-hari subtema jenis-jenis pekerjaan di SDN Dabasah 3 Bondowoso. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka tujuan penelitian adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan metode role playing terhadap hasil belajar siswa kelas III tema keperluan sehari-hari subtema jenis-jenis pekerjaan di SDN Dabasah 3 Bondowoso. Pengambilan data dalam penelitian ini dilaksanakan di SDN Dabasah 3 Bondowoso, pada tanggal 21 April 2015, 23 April 2015 dan 30 April 2015. Populasi penelitian adalah siswa kelas III-A, kelas III-B dan kelas III-C dengan jumlah siswa masing-masing kelas 29 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental sebenarnya atau true experimental dengan pola pre-test post-test control group design. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, dokumentasi dan tes yang berupa tes tulis pilihan ganda pada pre-test dan post-test. viii Sebelum diadakan proses pembelajaran dilakukan uji homogenitas dengan rumus Anova menggunakan data hasil ulangan akhir semseter gasal tahun pelajaran 2014/2015. Uji Homogenitas dilakukan menggunakan program statistik SPSS versi 14 dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan uji homogenitas diketahui bahwa ketiga kelas homogen, kemudian dilakukan pengundian untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas III-A sebagai kelas eksperimen yaitu kelas yang menerapkan pembelajaran menggunakan metode role playing, sedangkan kelas III-B sebagai kelas kontrol yaitu kelas yang menerapkan pembelajaran tanpa menggunakan metode role playing (konvensional). Uji-t independen antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol berdasarkan nilai selisih antara post-test dan pre-test. Nilai siswa yang di ajar menggunakan metode role playing mempunyai rata-rata nilai sebesar 84,33, sedangkan nilai siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional mempunyai nilai lebih rendah yakni rata-rata 79,61. Hasil uji statistik independent test menggunakan program SPSS versi 14 sebesar 3,629. Kemudian dikonsultasikan dengan t- dengan db=56. Diperoleh bahwa hasil t-ℎ > t- yaitu 3,629 > 2,003. Kemudian untuk mengetahui keefektifan relatif (ER) metode role playing digunakan rumus ER, melalui perhitungan rumus ER diperoleh hasil 53,49%. Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan dan pengaruh yang signifikan sebesar 53,49% antara nilai siswa yang diajar dengan menerapkan metode role playing dibandingkan dengan nilai siswa yang diajar dengan menerapkan pembelajaran konvensional. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh penggunaan metode role playing terhadap hasil belajar siswa kelas III tema keperluan sehari-hari subtema jenis-jenis pekerjaan di SDN Dabasah 3 Bondowoso 2014/2015. Saran dari penelitian ini adalah guru diharapkan dapat memakai metode role playing sebagai metode alternatif dalam PBM, pihak sekolah diharapkan dapat mendukung penggunaan metode role playing sebagai salah satu metode yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64994
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository