• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DENGAN MENGGUNAKAN MINIATUR ALAT TRANSPORTASI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI TRANSPORTASI PADA SISWA KELAS IV SEMESTER II SDN SUMBERPINANG 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    Novita E. Dewi.pdf (700.6Kb)
    Date
    2013-12-09
    Author
    NOVITA EKA DEWI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa dengan menerapkan Metode Demonstrasi dengan menggunakan Miniatur Alat Transportasi Pokok Bahasan Perkembangan Teknologi Transportasi pada Siswa Kelas IV Semester 2 SDN Sumberpinang 01 Jember tahun pelajaran 2010/2011. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 24 anak. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain yang dipakai dalam penelitian ini adalah model skema spiral dari Hopkins dengan tahap penelitian tindakan yang meliputi perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Pengumpulan data menggunakan x metode observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa analisis jawaban siswa terhadap tes awal, tes akhir siklus I, dan tes akhir sklus II, analisis aktivitas siswa selama proses pembelajaran IPS, serta jawaban siswa terhadap wawancara yang dilakukan peneliti. Pengambilan data dilaksanakan mulai tanggal 08 Maret 2011 sampai dengan tanggal 19 Mei 2011 pada siklus II, untuk aktivitas siswa secara individual hanya 11 siswa yang mencapai  65% sedangkan 13 siswa mendapatkan < 65% dan tes hasil belajar dari 24 siswa yang mengikuti tes yang tuntas sejumlah 14 siswa dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 10 siswa. Siklus II untuk aktivitas siswa secara individual dari 24 siswa 21 siswa yang mencapai  65% sedangkan siswa yang mendapatkan < 65% dan tes hasil belajar dari 24 siswa yang mengikuti tes yang tuntas sejumlah 14 siswa dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 3 siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) siswa mengalami peningkatan aktivitas terlihat pada pra siklus aktivitas secara klasikal sebesar 45,83%, Siklus I sebesar 58,89% dan siklus II sebesar 77,5 % dari persentase keaktifan siswa di siklusi dapat simpulkan bahwa penelitian ini telah berhasil meningkatkan aktivitas siswa karena Kriteria klasikal, suatu kelas dinyatakan aktif apabila telah mencapai persentase  65% dari skor maksimal 100%. (2) siswa mengalami peningkatan hasil belajar tingkat ketuntasan belajar siswa siklus I tingkat ketuntasan hasil belajar menjadi 58,33 %. Peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar siswa terlihat setelah tindakan siklus II dengan persentasi sebesar 87,5 %, jadi dapat simpulkan bahwa penelitian ini telah berhasil meningkatkan hasil belajar siswa karena seorang siswa dikatakan tuntas belajar apabila telah mencapai skor  65 dari skor maksimal 100. ketuntasan klasikal, suatu kelas dinyatakan tuntas apabila terdapat minimal 70% telah mencapai ketuntasan individual  65 dari skor maksimal 100. Berdasarkan kesimpulan diatas maka saran yang perlu dipertimbangkan yaitu pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi dengan menggunakan miniatur alat transportasi dapat dijadikan alternatif bagi guru untuk diterapkan dalam pembelajaran, khususnya pembelajaran IPS.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6482
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository