Show simple item record

dc.contributor.authorMUKLASIN
dc.date.accessioned2013-12-09T02:39:16Z
dc.date.available2013-12-09T02:39:16Z
dc.date.issued2013-12-09
dc.identifier.nimNIM080210274046
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6440
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan menulis karangan narasi berdasarkan gambar seri pada siswa kelas III SDN Grenden 04 Kec. Puger tahun 2010 / 2011. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri SDN Grenden 04 Kec. Puger tahun pelajaran 2010 / 2011 dengan jumlah siswa 29 anak. Penelitian tindakan ini dilakukan dalam 2 siklus dan setiap akhir pembelajaran dilakukan evaluasi akhir. Data dikumpulkan melalui metode tes dan observasi Observasi awal di SD Negeri Grenden 04 menunjukkan bahwa siswa kelas III mengalami kesulitan dalam menulis karangan narasi berdasarkan gambar seri. Hal ini terlihat dari rendahnya nilai siswa dalam menulis karangan narasi berdasarkan gambar seri. Siswa mengalami kesulitan dalam menyampaikan gagasan, pikiran, dan perasaan dengan bahasa tulis, sehingga siswa melakukan kesalahan–kesalahan berbahasa dalam menulis. Kesalahan berbahasa ini dapat berupa kesalahan penggunaan ejaan, tanda baca, pilihan kata (diksi), kalimat yang tidak efektif, paragraf yang kurang padu. Disamping itu karangan siswa tidak sesuai dengan keruntutan isi cerita, dan kesesuaian cerita dengan gambar. Hasil observasi di prasiklus dari 29 siswa hanya 7 siswa yang mencapai vii ketuntasan dalam menulis karangan narasi berdasarkan gambar seri (mendapat nilai 60) dengan ketuntasan klasikal 24,14%. Hasil penelitian pada siklus I yang merupakan usaha perbaikan untuk meningkatkan hasil belajar menulis karangan narasi berdasarkan gambar seri pada kelas III menggunakan metode diskusi kelompok, jumlah siswa yang mencapai ketuntasan sebanyak 13 siswa dengan ketuntasan klasikal 44,8%. Pada siklus I ditemukan kendala dan masalah yang menyebabkan hasil belajar siswa tidak mencapai ketuntasan secara klasikal, dan akan diperbaiki disiklus II. Pada siklus II yang merupakan usaha perbaikan dari siklus I, berusaha memperbaiki hal-hal pelaksanaan yang belum sepenuhnya sempurna. Terutama belum tuntasnya hasil belajar menulis karangan narasi siswa kelas III SD Negeri Grenden 04 Kecamatan Puger Kabupaten Jember. Setelah dilaksanakan siklus II jumlah siswa yang mencapai ketuntasan 24 siswa dengan ketuntasan klasikal 82,8%. Dengan demikian bila kita lihat dan kita bandingkan nilai siswa dan ketuntasan klasikal pada prasiklus, siklus I, dan siklus II, menunjukkan bahwa penerapan metode diskusi kelompok dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis karangan narasi berdasarkan gambar seri.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210274046;
dc.subjectKEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI, GAMBAR SERI, METODE DISKUSI KELOMPOKen_US
dc.titlePENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI BERDASARKAN GAMBAR SERI MENGGUNAKAN METODE DISKUSI KELOMPOK PADA SISWA KELAS III SD NEGERI GRENDEN 04 KECAMATAN PUGERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record