• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Kontribusi Pendidikan Alternatif untuk Meningkatkan Soft Skill Narapidana Anak di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Kabupaten Jember

    Thumbnail
    View/Open
    RIDHO AKBAR PRISMAWANSA ENDRAYANA.pdf (240.6Kb)
    Date
    2014
    Author
    Ridho Akbar P.E
    AT Hendra Wijaya
    Sylva Alkornia
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Anak merupakan generasi penerus bangsa. Keadaan demikian menyebabkan kedudukan anak sangat penting dalam masyarakat dan negara. Oleh karena itu keluarga, masyarakat maupun negara memberikan perhatian yang cukup untuk membina dan membimbing anak agar dapat berkembang dengan baik. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, sedangkan penentuan lokasi penelitian menggunakan metode purposive area kemudian peneliti menetapkan bahwa lokasi yang dijadikan tempat sebagai penelitian adalah di Lapas Kelas IIA Kabupaten Jember. Metode penentuan informan kunci dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling berdasarkan kriteria yang ditentukan adalah napi anak di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Jember, sedangkan informan pendukung adalah Kalapas dan Sipir Lembaga Pemasyrakatan Kelas IIA Kabupaten Jember serta dokumen lainya. Dalam penelitian ini metode pengumpulan data adalah dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Temuan dalam peneliatian ini menunjukkan bahwa kontribusi pendidikan alternatif guna meningkatkan soft skill yang diterapkan oleh Lapas IIA Jember telah dilaksanakan dengan baik dan sesuai dengan tujuan yang diharapkan yakni memberikan pembinaan keterampilan halus dan keterampilan kecakapan hidup yang dimiliki napi anak sesuai dengan hak narapidana anak untuk memperoleh pendidikan. Berdasarkan análisis data dapat disimpulkan bahwa pendidikan alternatif soft skill sangat penting untuk meningkatkan soft skill bagi narapidana anak, karena dapat mengantikan pendidikan formal mereka yang terputus atau belum sempat mereka dapatkan dan memberikan keterampilan kepada seseorang menjadi lebih baik. Saran yang diberikan adalah untuk semua pihak yang bertanggung jawab dalam penyelenggaraan progam pendidikan nonformal hendaknya lebih memperhatikan pendidikan bagi napi anak pada Lapas kelas II A Jember sehingga napi binaan yang belum/putus dalam mengenyam pendidikan formal dan tidak mempunyai keterampilan serta modal usaha diharapkan dapat mengikuti program pendidikan alternatif dengan baik.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63793
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    Related items

    Showing items related by title, author, creator and subject.

    • PENG EMBANGAN GA MATEMATIKA POKOK BAHASAN Diajukan guna sebagai Program Studi Pendidikan Matematika PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN i ME MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TELEPON GENGGAM (HP) PADA EMBANGAN GAME MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS TELEPON GENGGAM (HP) PADA GARIS DAN SUDUT SMP KELAS VII 

      FATQURHOHMAN (2014-01-27)
      ame merupakan suatu bentuk hiburan yang seringkali dijadikan sebagai penyegar pikiran jenuh yang disebabkan oleh aktifitas dan rutinitas sehari-hari. Pada pembelajaran matematika, game dapat dijadikan sebagai media ...
    • PARTISIPASI ORANG TUA TERHADAP PENDIDIKAN ANAK PADA KOMUNITAS PEDAGANG KAKI LIMA PARTISIPASI ORANG TUA TERHADAP PENDIDIKAN ANAK PADA KOMUNITAS PEDAGANG KAKI LIMA PARTISIPASI ORANG TUA TERHADAP PENDIDIKAN ANAK PADA KOMUNITAS PEDAGANG KAKI LIMA DI LINGKUNGAN KAMPUS TEGALBOTO KELURAHAN SUMBERSARI KABUPATEN JEMBER DI LINGKUNGAN KAMPUS TEGALBOTO KELURAHAN SUMBERSARI KABUPATEN JEMBER DI LINGKUNGAN KAMPUS TEGALBOTO KELURAHAN SUMBERSARI KABUPATEN JEMBER TAHUN 2012 TAHUN 2012 TAHUN 2012 

      LUTFI SAIFUL ULUM (2014-01-23)
      Pendidikan anak sekolah tingkat dasar merupakan pendidikan yang paling mendasar dan menempati kedudukan sebagai golden age karena usia tersebut merupakan usia yang tepat untuk menumbuh kembangkan berbagai kemampuan, kecerdasan, ...
    • Pengaruh Kehandalan Jasa Pendidikan Menurut Persepsi Mahasiswa Terhadap Kepuasan Mahasiswa Memilih Program Konsentrasi Akuntansi di Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember 

      Kurniawati, Kurniawati; Sri Kantun, Sri; Umar HMS, Umar HMS (UNEJ, 2013)
      Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kehandalan jasa pendidikan menurut persepsi mahasiswa terhadap kepuasan mahasiswa memilih program konsentrasi akuntansi di Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas ...

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository