PARTISIPASI ORANG TUA TERHADAP PENDIDIKAN ANAK PADA KOMUNITAS PEDAGANG KAKI LIMA PARTISIPASI ORANG TUA TERHADAP PENDIDIKAN ANAK PADA KOMUNITAS PEDAGANG KAKI LIMA PARTISIPASI ORANG TUA TERHADAP PENDIDIKAN ANAK PADA KOMUNITAS PEDAGANG KAKI LIMA DI LINGKUNGAN KAMPUS TEGALBOTO KELURAHAN SUMBERSARI KABUPATEN JEMBER DI LINGKUNGAN KAMPUS TEGALBOTO KELURAHAN SUMBERSARI KABUPATEN JEMBER DI LINGKUNGAN KAMPUS TEGALBOTO KELURAHAN SUMBERSARI KABUPATEN JEMBER TAHUN 2012 TAHUN 2012 TAHUN 2012
Abstract
Pendidikan anak sekolah tingkat dasar merupakan pendidikan yang paling
mendasar dan menempati kedudukan sebagai golden age karena usia tersebut
merupakan usia yang tepat untuk menumbuh kembangkan berbagai kemampuan,
kecerdasan, bakat, kemampuan fisik, kognitif, bahasa, sosio-emosional dan spiritual.
Partisipasi orang tua adalah keterlibatan mental dan emosional dari orang tua untuk
ikut serta dalam perkembangan pendidikan anak baik dirumah maupun di sekolah, di
mana keterlibatan tersebut dititik beratkan pada pemberian yang bersifat pemikiran,
material, barang, maupun tenaga, sedangkan pendidikan anak adalah pembinaan
kepribadian, pengembangan kemampuan, atau potensi yang perl u dikembangkan
dalam diri anak. Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimana partisipasi orang
tua terhadap pendidikan anak pada komunitas pedagang kaki lima dilingkungan
kampus Tegal Boto Kelurahan Sumbersari Kabupaten Jember, sedangkan tujuan dari
penelitian ini yaitu untuk mengetahui adakah partisipasi orang tua terhadap
pendidikan anak pada komunitas pedagang kaki lima dilingkungan kampus Tegal
Boto Kelurahan Sumbersari Kabupaten Jember. Manfaat penelitian ini yaitu untuk
mengetahui partisipasi orang tua terhadap pendidikan anak pada komunitas pedagang
kaki lima dilingkungan kampus Tegal Boto kelurahan Sumbersari Kabupaten Jember.
Metode yang digunakan untuk menjawab permasalahan di atas yaitu dengan
metode kualitatif karena penelitian ini bertujuan ingin mengeta hui partisipasi orang
tua terhadap pendidikan anak dengan jumlah informan 21 pedagang kaki lima dengan menggunakan teknik pengolahan data. Pengolahan Data dalam penelitian ini yaitu
diperoleh dari perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan,dan triangulasi.
Sedangkan analisis data dalam penelitian ini diperoleh dari reduksi data yaitu proses
pemilihan yang muncul dari catatan-catatan dari wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Penyajian data serta simpulan atau verifikasi. Analisis data dalam
penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan alasan untuk mengetahui
adakah partisipasi orang tua terhadap pendidikan anak pada komunitas pedagang kaki
lima di lingkungan kampus Tegal Boto Kelurahan Sumbersari Kabupaten Jember
Tahun 2012.
Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan metode kualitatif dapat
diketahui bahwa hasil dari analisis data penelitian tersebut partisipasi pikiran yaitu
memang benar partisipasi pikiran dalam pendidikan anak sangat besar terbukti
dengan aktiifitas bimbingan belajar orang tua terhadap pendidikan anak selalu
dibimbing dalam membantu mengatasi kesulitan belajar anak. Partisipasi tenaga para
orang tua dalam pendidikan anak dengan kesibukan orang tua yang berbeda beda
mereka masih sempat mengantar dan menjemput anaknya meskipun mereka
bergantian dengan tetangganya. Partisipasi barang orang tua terhadap pendidikan
anak memang kebutuhannya sangat dipenuhi baik buku maupun hal yang
dipersiapkan dalam pendidikan anak anaknya. Partisipasi uang atau dana sangat baik,
meraka tetap memberi uang meskipun pendidikan anak sekarang gr atis, bahkan orang
tua rela menabung meskipun pendapatnya sedikit demi memberi uang saku anak dan
biaya terhadap pendidikan anak.
Saran bagi orang tua hendaknya bersungguh sungguh dalam mendidik dan
mengasuh anak, bagi kelurahan dan staf dibidang pendidikan dan pelatihan
hendaknya lebih memperhatikan warganya demi pendidikan anaknya, bagi kepala
lingkungan Tegal Boto hendaknya lebih kreatif dan inovatif dalam memberikan
tempat belajar kepada anak.