• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS III-A POKOK BAHASAN GERAK BENDA MELALUI METODE EKSPERIMEN DENGAN MEDIA APE (ALAT PERMAINAN EDUKATIF) DI SDN JEMBER LOR 05 TAHUN PELAJARAN 2010 – 2011

    Thumbnail
    View/Open
    Meita F. Rayasari.pdf (275.5Kb)
    Date
    2013-12-09
    Author
    MEITA FITRI RAYASARI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilaksanakan di SDN Jember Lor 05 Kecamatan Patrang Kabupaten Jember.Subjek penelitian adalah siswa kelas III-a dengan jumlah 19 siswa yagn terdiri dari 13 laki-laki dan 6 perempuan.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari prasiklus dan berlangsung 2 siklus.Pada siklus 2 yang dilakukan dengan tindakan, terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi.Teknik pengumpulan data meliputi observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu : Aktivitas siswa dan ketuntasan hasil belajar, berturut-turut menggunakan rumus : Pa = 100% dan E = 100. Dari analisis data hasil penelitian untuk aktivitas siswa diperoleh persentase aktivitas siswa kalsikal dari siklus I dan siklus II mengalami peningkatan, secara berurutan yaitu 66,88 % dalam kategori aktif dan 77,63 % dalam kategori aktif. Dari analisis hasil belajar diperoleh persentase ketuntasan hasil belajar klasikal dan individu yang terdiri dari prasiklus sebesar 36,84 % dengan 12 siswa belum tuntas, termasuk dalam kategori belum tuntas secara klasikal. Siklus I sebesar 73,68% dengan 5 siswa belum tuntas, persentase tersebut dalam kategori tuntas secara klasikal, dan siklus II sebesar 78,94 % dengan 4 siswa yang belum tuntas, dalam kategori tuntas secara klasikal. Dari hasil analisis tersebut terlihat persentase pada setiap siklus mengalami peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Aktivitas siswa selama pembelajaran IPA melalui metode eksperimen dengan media APE mengalami peningkatan dan termasuk pada kategori aktivitas siswa yang sangat aktif; (2) pembelajaran IPA melalui metode eksperimen dengan media APE dapat meningkatkna ketuntasan hasil belajar siswa kelas III-a SDN Jember Lor 05 Kecamatan Patrang Kabupaten Jember.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6363
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository