Show simple item record

dc.contributor.authorKarina Siti Putrianingsih
dc.contributor.authorHobri
dc.contributor.authorToto' Bara Setiawan
dc.date.accessioned2015-09-28T00:52:49Z
dc.date.available2015-09-28T00:52:49Z
dc.date.issued2015
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63618
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterampilan metakognisi yang dimiliki siswa kelas X IPA 2 di SMA Negeri 3 Jember dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada pokok bahasan SPLDV. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan antara lain tes dan wawancara. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas X IPA 2 yang mengikuti tes dan wawancara berdasarkan hasil analisis. Dalam penelitian ini analisis data yang dilakukan menggunakan analisis deskriptif. Data yang dianalisis pada penelitian ini antara lain lembar siswa setelah mengerjakan tes soal cerita kemudian dianalisis untuk mengklasifikasikan tingkat kemampuan matematika sangat tinggi, tinggi, sedang, rendah dan sangat rendah dan hasil wawancara untuk mengetahui kelengkapan keterampilan metakognisi yang dilakukan oleh peneliti terhadap subjek penelitian. Namun, berdasarkan hasil analisi data pada penelitian ini menghasilkan bahwa dari kelas X IPA 2 tidak ditemukan siswa dengan kemampuan matematika rendah. Berdasarkan kelengkapan dari keterampilan metakognisi siswa menghasilkan empat poin. Pertama, siswa berkemampuan matematika sangat tinggi mampu memenuhi semua keterampilan yaitu keterampilan perencanaan, keterampilan monitoring dan keterampilan evaluasi terkecuali keterampilan prediksi. Kedua, siswa yang berkemampuan matematika tinggi mampu memenuhi dua keterampilan yang meliputi keterampilan perencanaan dan keterampilan evaluasi namun tidak memenuhi keterampilan prediksi dan keterampilan monitoring. Ketiga, siswa berkemampuan matematika sedang hanya mampu memenuhi satu keterampilan saja yaitu keterampilan evaluasi dan tidak memenuhi ketiga keterampilan lainnya yaitu keterampilan perencanaan, keterampilan prediksi dan keterampilan monitoring. Dan yang terakhir pada siswa berkemampuan matematika sangat rendah belum dapat memenuhi keempat keterampilan metakognisi tersebut.en_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectketerampilan evaluasien_US
dc.subjectketerampilan merencanakanen_US
dc.subjectketerampilan metakognisien_US
dc.subjectketerampilan monitoringen_US
dc.subjectketerampilan prediksien_US
dc.titleAnalisis Keterampilan Metakognisi Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas X IPA 2 di SMA Negeri 3 Jemberen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record