Show simple item record

dc.contributor.authorMAHENDRA AFNAN
dc.date.accessioned2013-12-09T01:27:31Z
dc.date.available2013-12-09T01:27:31Z
dc.date.issued2013-12-09
dc.identifier.nimNIM080210204312
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6343
dc.description.abstractPenelitian ini dilakukan di SDN 1 Kalimas Kecamatan Besuki pada semester ganjil tahun pelajaran 2010/2011. Pengambilan data dalam penelitian ini dimulai pada tanggal 28 Oktober 2010 sampai tanggal 16 November 2011. Subjek penelitian adalah siswa kelas V dengan jumlah siswa 24 anak, terdiri dari 13 laki-laki dan 11 perempuan. Desain yang dipakai dalam penelitian ini adalah model skema spiral dari Hopkins yang dilakukan dalam dua siklus dan dibantu oleh 2 orang observer. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakan metode observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan statistik deskriptif. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dibandingkan pembelajaran sebelumnya. Hasil observasi untuk mengetahui aktivitas belajar siswa, diketahui pada siklus I presentase yang diperoleh mencapai sebesar 70,8 % sedangkan pada siklus II presentase yang diperoleh mencapai 83,3 %, dari hasil tersebut menunjukkan peningkatan aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 12,5%. Sedangkan presentase hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 66,7% dari 24 siswa, 16 siswa telah tuntas dan 8 siswa belum tuntas. Sedangkan presentase hasil belajar siswa pada siklus II mencapai 79,2% dari 24 siswa, 19 siswa telah tuntas dan 5 siswa belum tuntas. Dari hasil tersebut menunjukkan presentase hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 12,5%. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah penggunaan media gambar pada peta dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa mata pelajaran IPS pokok bahasan keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia pada siswa kelas V SDN 1 Kalimas Kabupaten Situbondo tahun ajaran 2010/2011.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204312;
dc.subjectAktivitas dan Hasil Belajar IPS, Keragaman Suku Bangsa dan Budaya di Indonesia, Media Gambar Pada Petaen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA DI INDONESIA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR PADA PETA PADA SISWA KELAS V SDN 1 KALIMAS KABUPATEN SITUBONDOen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record