dc.description.abstract | Penelitian ini dilakukan di SDN 1 Kalimas Kecamatan Besuki pada semester
ganjil tahun pelajaran 2010/2011. Pengambilan data dalam penelitian ini dimulai pada
tanggal 28 Oktober 2010 sampai tanggal 16 November 2011. Subjek penelitian
adalah siswa kelas V dengan jumlah siswa 24 anak, terdiri dari 13 laki-laki dan 11
perempuan. Desain yang dipakai dalam penelitian ini adalah model skema spiral dari
Hopkins yang dilakukan dalam dua siklus dan dibantu oleh 2 orang observer. Untuk
memperoleh data dalam penelitian ini digunakan metode observasi, dokumentasi,
wawancara, dan tes. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan
statistik deskriptif.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan
aktivitas dan hasil belajar siswa dibandingkan pembelajaran sebelumnya. Hasil
observasi untuk mengetahui aktivitas belajar siswa, diketahui pada siklus I presentase
yang diperoleh mencapai sebesar 70,8 % sedangkan pada siklus II presentase yang
diperoleh mencapai 83,3 %, dari hasil tersebut menunjukkan peningkatan aktivitas
siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 12,5%. Sedangkan presentase hasil belajar
siswa pada siklus I sebesar 66,7% dari 24 siswa, 16 siswa telah tuntas dan 8 siswa
belum tuntas. Sedangkan presentase hasil belajar siswa pada siklus II mencapai
79,2% dari 24 siswa, 19 siswa telah tuntas dan 5 siswa belum tuntas. Dari hasil
tersebut menunjukkan presentase hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II
meningkat sebesar 12,5%.
Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah penggunaan media gambar pada
peta dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa mata pelajaran IPS pokok
bahasan keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia pada siswa kelas V SDN 1
Kalimas Kabupaten Situbondo tahun ajaran 2010/2011. | en_US |