• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN UANG DENGAN METODE DISKUSI DAN MEDIA UANG PADA SISWA KELAS III SDN KEBONSARI 02 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    Lusfia Agustin.pdf (153.8Kb)
    Date
    2013-12-09
    Author
    Lusfia Agustin
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SDN Kebonsari 02 Jember yang terdiri dari 30 siswa. Siswa dibagi menjadi 6 kelompok yang heterogen. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pengambilan data dilakukan mulai tanggal 12 Mei 2011 sampai dengan 25 Mei 2011 dengan subjek penelitian siswa kelas III SDN Kebonsari 02 Jember. Data yang dikumpulkan berupa penilaian aktivitas dan tes individu siswa. Pada siklus I, presentase aktivitas belajar siswa sebesar 46,67% dalam kategori cukup aktif sedangkan pada siklus II sebesar 67,08% dalam kategori aktif. Presentase hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 62,50% dan presentase ketuntasan klasikal sebesar 56,67%. Pada siklus II, hasil belajar siswa secara klasikal mencapai 73,33%, dan persentase ketuntasan klasikal sebesar 93,33% sehingga secara klasikal memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) SDN Kebonsari 02 Jember. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktivitas dan hasil belajar serta ketuntasan hasil belajar pada pokok bahasan uang. Peningkatan persentase aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 20,41%, sedangan peningkatan persentase hasil belajar sebesar 10,83% dan ketuntasannya sebesar 36,66%. Oleh karena itu penelitian di SDN Kebonsari 02 Jember tuntas. Beberapa saran berkaitan dengan pembelajaran IPS menggunakan metode diskusi dan media uang, sebaiknya guru terus berupaya mencari alternatif terbaik bagi siswanya dalam menyampaikan pelajaran, siswa hendaknya lebih bersemangat dan aktif dalam mencari informasi, serta menjadi masukan bagi penelitian sejenis dengan pokok bahasan yang lebih luas.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6328
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15423]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository