dc.description.abstract | Pendidikan karakter merupakan suatu proses pendidikan yang mempersiapkan
generasi muda menjadi insan yang beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,
berilmu, cakap, mandiri, berakhlak mulia serta berbudaya. Generasi muda merupakan
generasi yang akan menjadi pemimpin bangsa sehingga pembentukan karakter
dipandang penting. Fungsi nilai-nilai karakter adalah sebagai pengontrol perilaku
seseorang. Penanaman nilai-nilai karakter salah satunya dapat dilakukan melalui
dongeng. Alasan dipilihnya dongeng sebagai objek penelitian karena beberapa hal.
Pertama, dalam dongeng terdapat cerminan kehidupan budaya bangsa Indonesia.
Kedua, tokoh dalam dongeng dapat menjadi tokoh idola bagi siswa yang masih dalam
fase pencarian jati diri. Ketiga, nilai-nilai dalam dongeng dapat menjadi penuntun
kecerdasan emosi dan nilai karakter anak didik. Keempat, nilai-nilai karakter bangsa
dalam dongeng nusantara dapat dimanfaatkan sebagai alternatif bahan ajar
pembelajaran apresiasi sastra kelas VII. Oleh karena itu, rumusan masalah dalam
penelitian meliputi : (1) Bagaimanakah nilai-nilai karakter bangsa yang terkandung
dalam dongeng nusantara? (2) Bagaimanakah pemanfaatan nilai-nilai karakter bangsa
dalam dongeng nusantara sebagai alternatif bahan ajar apresiasi sastra Sekolah
Menengah Pertama kelas VII?
Penelitian ini dilakukan dengan rancangan penelitian deskriptif dan jenis
penelitian kualitatif. Data penelitian berupa kalimat-kalimat, paragraf-paragraf, yang
memaparkan nilai-nilai karakter bangsa dalam dongeng. Sumber data dalam
penelitian ini adalah buku kumpulan “Dongeng Nusantara” karya Faisal Kamal dan
buku “dongeng pengantar tidur : Bawang Merah dan Bawang Putih” karya Tira
Ikranegara. Data dikumpulkan dengan teknik dokumentasi. Langkah-langkahnya adalah membaca, kodefikasi, dan memindahkan data ke tabel pengumpul data. Teknik
analisis data dengan analisis data kualitatif. Langkah-langkahnya ialah pembacaan
secara heuristik dan hermeneutik, pencatatan, pengklasifikasian, pendeskripsian, dan
interpretasi.
Berdasarkan hasil kajian diketahui nilai-nilai karakter bangsa dalam dongeng
nusantara. Nilai-nilai karakter bangsa yang ditemukan yaitu religius, kerja keras,
jujur, peduli sosial, cinta tanah air, peduli lingkungan, tanggung jawab, cinta damai,
dan semangat kebangsaan. Nilai religius mengungkapkan bahwa keberserahan diri
manusia kepada Tuhan akan memberikan ketentraman dalam kehidupan. Nilai kerja
keras mengungkapkan bahwa manusia akan memperoleh hasil sesuai kerja keras yang
dilakukan kecuali jika tujuannya tidak baik. Nilai jujur mengungkapkan bahwa
kejujuran manusia akan mendapatkan balasan kebaikan dari Tuhan. Nilai peduli
sosial mengungkapkan bahwa manusia yang peduli pada kehidupan orang lain akan
dicintai oleh orang lain. Nilai tanggung jawab mengungkapkan bahwa manusia yang
bertanggung jawab akan berhasil dalam kehidupan. Nilai peduli lingkungan
mengungkapkan bahwa manusia yang peduli pada lingkungan akan memperoleh
manfaat dari lingkungan. Hasil penelitian tentang nilai-nilai karakter bangsa dalam
dongeng nusantara dapat dimanfaatkan sebagai alternatif bahan ajar apresiasi sastra
kelas VII. Nilai-nilai karakter bangsa yang ditemukan dijadikan bahan dalam
penyusunan bahan ajar. Penyusunan bahan ajar disesuaikan dengan standar
kompetensi dan kompetensi dasar yang relevan.
Pada hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan sebagai berikut (1) manusia
yang berbuat baik akan mendapatkan balasan kebaikan sesuai dengan perbuatannya.
Demikian pula halnya dengan kejahatan akan memperoleh balasan yang sesuai
dengan perbuatannya, (2) Hasil penelitian tentang nilai-nilai karakter bangsa dalam
dongeng nusantara dapat dimanfaatkan sebagai alternatif bahan ajar apresiasi sastra
kelas VII. Saran yang dapat diberikan adalah bagi guru Bahasa Indonesia, penelitian
ini dapat dijadikan alternatif bahan ajar apresiasi sastra kelas VII. | en_US |