NILAI - NILAI KARAKTER BANGSA DALAM DONGENG NUSANTARA SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR APRESIASI SASTRA KELAS VII
Abstract
Pendidikan karakter merupakan suatu proses pendidikan  yang mempersiapkan 
generasi muda menjadi insan yang beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, 
berilmu, cakap, mandiri, berakhlak mulia serta berbudaya. Generasi muda merupakan 
generasi yang akan menjadi pemimpin bangsa  sehingga pembentukan karakter  
dipandang penting.  Fungsi nilai-nilai karakter  adalah  sebagai pengontrol perilaku 
seseorang.  Penanaman nilai-nilai  karakter salah satunya dapat dilakukan melalui  
dongeng.  Alasan dipilihnya  dongeng  sebagai objek penelitian karena beberapa hal. 
Pertama,  dalam  dongeng  terdapat cerminan kehidupan budaya bangsa Indonesia.  
Kedua, tokoh dalam dongeng dapat menjadi tokoh idola bagi siswa yang masih dalam 
fase pencarian jati diri.  Ketiga,  nilai-nilai dalam  dongeng  dapat menjadi penuntun 
kecerdasan emosi dan nilai karakter anak didik. Keempat, nilai-nilai karakter bangsa 
dalam  dongeng  nusantara  dapat dimanfaatkan  sebagai alternatif bahan ajar 
pembelajaran apresiasi sastra  kelas VII.  Oleh karena itu, rumusan masalah dalam 
penelitian meliputi : (1)  Bagaimanakah  nilai-nilai karakter bangsa  yang terkandung 
dalam dongeng nusantara? (2) Bagaimanakah pemanfaatan nilai-nilai karakter bangsa 
dalam  dongeng  nusantara  sebagai alternatif bahan ajar  apresiasi sastra  Sekolah 
Menengah Pertama kelas VII? 
Penelitian ini dilakukan dengan rancangan penelitian deskriptif dan jenis 
penelitian kualitatif. Data  penelitian berupa  kalimat-kalimat, paragraf-paragraf, yang 
memaparkan nilai-nilai karakter bangsa  dalam  dongeng. Sumber data dalam 
penelitian ini adalah  buku kumpulan “Dongeng Nusantara” karya Faisal Kamal  dan 
buku “dongeng pengantar tidur : Bawang Merah dan Bawang Putih” karya Tira 
Ikranegara.  Data dikumpulkan  dengan  teknik  dokumentasi.  Langkah-langkahnya adalah membaca, kodefikasi, dan memindahkan data ke tabel pengumpul data. Teknik 
analisis data  dengan  analisis  data  kualitatif. Langkah-langkahnya ialah pembacaan 
secara heuristik dan hermeneutik, pencatatan, pengklasifikasian, pendeskripsian, dan 
interpretasi.  
Berdasarkan  hasil kajian  diketahui nilai-nilai karakter bangsa dalam  dongeng 
nusantara.  Nilai-nilai karakter bangsa yang  ditemukan  yaitu religius, kerja keras, 
jujur, peduli sosial, cinta tanah air,  peduli lingkungan, tanggung jawab, cinta damai, 
dan semangat kebangsaan.  Nilai religius mengungkapkan bahwa  keberserahan diri 
manusia  kepada Tuhan akan memberikan ketentraman dalam kehidupan.  Nilai kerja 
keras mengungkapkan bahwa manusia akan memperoleh hasil sesuai kerja keras yang 
dilakukan  kecuali jika tujuannya tidak baik. Nilai jujur mengungkapkan bahwa 
kejujuran manusia akan mendapatkan balasan kebaikan dari Tuhan.  Nilai peduli 
sosial mengungkapkan bahwa  manusia  yang peduli pada kehidupan orang lain  akan 
dicintai oleh orang lain. Nilai tanggung jawab mengungkapkan bahwa manusia yang 
bertanggung jawab akan  berhasil dalam kehidupan. Nilai peduli lingkungan 
mengungkapkan bahwa manusia yang peduli pada lingkungan akan memperoleh 
manfaat dari lingkungan.  Hasil penelitian tentang nilai-nilai karakter bangsa dalam 
dongeng  nusantara  dapat dimanfaatkan  sebagai alternatif bahan ajar  apresiasi sastra 
kelas VII. Nilai-nilai karakter bangsa yang ditemukan dijadikan bahan  dalam 
penyusunan bahan ajar. Penyusunan bahan ajar  disesuaikan dengan standar 
kompetensi dan kompetensi dasar yang relevan.  
Pada  hasil penelitian ini  diperoleh kesimpulan  sebagai berikut  (1)  manusia 
yang berbuat baik akan mendapatkan balasan kebaikan sesuai dengan perbuatannya. 
Demikian pula halnya dengan kejahatan akan memperoleh balasan  yang sesuai 
dengan perbuatannya,  (2) Hasil penelitian tentang nilai-nilai karakter bangsa dalam 
dongeng  nusantara  dapat dimanfaatkan  sebagai alternatif bahan ajar  apresiasi sastra 
kelas VII. Saran yang dapat diberikan adalah bagi guru Bahasa Indonesia, penelitian 
ini dapat dijadikan alternatif bahan ajar  apresiasi sastra kelas VII.
