Show simple item record

dc.contributor.authorFESTI RISKA WAHYUNI
dc.date.accessioned2015-03-12T06:58:42Z
dc.date.available2015-03-12T06:58:42Z
dc.date.issued2015-03-12
dc.identifier.nimNIM100210101083
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61751
dc.description.abstractAnalisis Kemampuan literasi Matematika Siswa Kelas IX-A Ditinjau Berdasarkan Kemampuan Matematika di SMP Negeri 1 Ambulu ; Festi Riska Wahyuni, 100210101083; 2015; 161 halaman; Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan MIPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Disadari atau tidak, setiap kegiatan yang dilakukan oleh manusia selalu ada kaitannya dengan matematika. Oleh karena itu, matematika merupakan salah satu ilmu dasar yang harus dikuasai manusia, terutama oleh siswa dalam rangka mempersiapkan siswa menghadapi permasalahan di dunia nyata. PISA mendefinisikan kemampuan literasi matematis sebagai kemampuan seseorang untuk merumuskan, menerapkan dan menafsirkan matematika dalam berbagai konteks, termasuk kemampuan melakukan penalaran secara matematis dan menggunakan konsep, prosedur, dan fakta untuk menggambarkan, menjelaskan atau memperkirakan fenomena/kejadian. Hasil penelitian PISA mulai dari tahun 2000 sampai tahun 2012 menunjukkan bahwa Indonesia hanya mampu memenuhi tingkatan keamampuan literasi matematika pada level 1 . Berdasarkan permasahan tersebut maka akan dilakukan penganalisisan kemampuan literasi matematika pada siswa kelas IX. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat (level) kemampuan literasi matematika siswa kelas IX pada setiap tingkatan kemampuan matematika. Metode penelitian ini yaitu menggunakan metode tes dan wawancara. Pelaksanaan penelitian dilakukan pada tanggal 19 November 2014 untuk tes kemampuan matematika, dan tanggal 4 Desember 2014 untuk tes kemampuan literasi matematika. Penganalisisan kemampuan literasi matematika siswa didasarkan pada kemampuan matematika sehari-hari disekolah. Untuk mengetahui kemampuan matematika siswa, dilakukan tes kemampuan matematika. Soal tes kemampuan matematika tidak perlu divalidasi karena merupakan soal UN tahun 2012 paket A35. Kemudian berdasarkan hasil tes kemampuan matematika akan dipilih tiga siswa masing-masing dengan tingkat kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Tiga siswa yang terpilih tersebut juga berdasarkan diskusi dengan guru bidang studi Matematika. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui tingkat kemampuan literasi matematika siswa adalah 6 soal essay dengan indikator pencapaian siswa dalam setiap level yang telah ditentukan oleh PISA. Hasil analisis tes kemampuan literasi matematika menunjukkan bahwa siswa berkemampuan matematika tinggi berada pada tingkatan kemampuan literasi level 3, siswa berkemampuan matematika sedang berada pada tingkatan kemampuan literasi level 1, sedangkan siswa berkemampuan matematika rendah berada pada tingkatan kemampuan literasi level 1. Hasil tersebut menunjukkan bahwa sebenarnya siswa Indonesia mampu berada pada tingkat kemampuan literasi lebih dari level 1.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100210101083;
dc.subjectANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS IX-A SMP NEGERI 1 AMBULU DITINJAU BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKAen_US
dc.titleANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS IX-A SMP NEGERI 1 AMBULU DITINJAU BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKAen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record