• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS IX-A SMP NEGERI 1 AMBULU DITINJAU BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA

    Thumbnail
    View/Open
    100210101083_1.pdf (679.8Kb)
    Date
    2015-03-12
    Author
    FESTI RISKA WAHYUNI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Analisis Kemampuan literasi Matematika Siswa Kelas IX-A Ditinjau Berdasarkan Kemampuan Matematika di SMP Negeri 1 Ambulu ; Festi Riska Wahyuni, 100210101083; 2015; 161 halaman; Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan MIPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Disadari atau tidak, setiap kegiatan yang dilakukan oleh manusia selalu ada kaitannya dengan matematika. Oleh karena itu, matematika merupakan salah satu ilmu dasar yang harus dikuasai manusia, terutama oleh siswa dalam rangka mempersiapkan siswa menghadapi permasalahan di dunia nyata. PISA mendefinisikan kemampuan literasi matematis sebagai kemampuan seseorang untuk merumuskan, menerapkan dan menafsirkan matematika dalam berbagai konteks, termasuk kemampuan melakukan penalaran secara matematis dan menggunakan konsep, prosedur, dan fakta untuk menggambarkan, menjelaskan atau memperkirakan fenomena/kejadian. Hasil penelitian PISA mulai dari tahun 2000 sampai tahun 2012 menunjukkan bahwa Indonesia hanya mampu memenuhi tingkatan keamampuan literasi matematika pada level 1 . Berdasarkan permasahan tersebut maka akan dilakukan penganalisisan kemampuan literasi matematika pada siswa kelas IX. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat (level) kemampuan literasi matematika siswa kelas IX pada setiap tingkatan kemampuan matematika. Metode penelitian ini yaitu menggunakan metode tes dan wawancara. Pelaksanaan penelitian dilakukan pada tanggal 19 November 2014 untuk tes kemampuan matematika, dan tanggal 4 Desember 2014 untuk tes kemampuan literasi matematika. Penganalisisan kemampuan literasi matematika siswa didasarkan pada kemampuan matematika sehari-hari disekolah. Untuk mengetahui kemampuan matematika siswa, dilakukan tes kemampuan matematika. Soal tes kemampuan matematika tidak perlu divalidasi karena merupakan soal UN tahun 2012 paket A35. Kemudian berdasarkan hasil tes kemampuan matematika akan dipilih tiga siswa masing-masing dengan tingkat kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Tiga siswa yang terpilih tersebut juga berdasarkan diskusi dengan guru bidang studi Matematika. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui tingkat kemampuan literasi matematika siswa adalah 6 soal essay dengan indikator pencapaian siswa dalam setiap level yang telah ditentukan oleh PISA. Hasil analisis tes kemampuan literasi matematika menunjukkan bahwa siswa berkemampuan matematika tinggi berada pada tingkatan kemampuan literasi level 3, siswa berkemampuan matematika sedang berada pada tingkatan kemampuan literasi level 1, sedangkan siswa berkemampuan matematika rendah berada pada tingkatan kemampuan literasi level 1. Hasil tersebut menunjukkan bahwa sebenarnya siswa Indonesia mampu berada pada tingkat kemampuan literasi lebih dari level 1.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61751
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15369]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository