Show simple item record

dc.contributor.authorLukman Anas
dc.date.accessioned2015-02-16T07:19:15Z
dc.date.available2015-02-16T07:19:15Z
dc.date.issued2015-02-16
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61357
dc.description.abstractMasalah pembelajaran tennasuk salah satu masalah yang banyak diperbincangkan oleh para ahli pendidikan, khususnya para guru yang sehari-hari terlibat dalam proses pendidikan di sekolah, dalam mencapai pembelajaran yang baik diperlukan penekanan terhadap konsep dan metode yang cocok dalam melakukan proses belajar mengajar. Adapun masalah dalam penelitian ini adalah adakah perbedaan antara siswa yang diberi tugas merangkum disertai latjhan soal dengan siswa yang diberi latihan soal tanpa disertai tugas merangkum serta seberapakah efektifitasnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar fisika siswa yang diberi tugas merangkum disertai latihan soal dengan siswa yang diberi latihan soal tanpa disertai tugas merangkum dan untuk mengetahui besarnya efektifitas hasil belajar fisika siswa yang diberi tugas merangkwn disertai latihan soal dengan siswa yang diberi latihan soal tanpa disertai tugas merangkum. Responden dalam penelitian yaitu SMU Negeri 5 Jember yang terdiri dari empat kelas dan diambil dua kelas secara acak setelah dilakukan uji homogenitas terhadap empat kelas yang ada, yaitu kelas I1 sebagai kelas kontrol dan kelas l2 sebagai kelas eksperimen. Metode pengumpulan data dengan rnenggunakan observasi, dokumentasi, interview dan tes. untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan digunakan rumus ttes Yang hasilnya 3,73 untuk tes sedangkan untuk ttabel adalah 1,99 untuk harga efektifitasnya sebesar 28,42% karena ttes > ttabel maka dapat disimpulkan ada perbedaan antara hasil belajar siswa yang diberi tugas merangkum disertai lartihan soal dan siswa yang diberi latihan soal tanpa disertai tugas merangkum , serta pemberian tugas merangkum disertai latihan soal cukup efektif dibandingkan dengan pemberian latihan soal tanpa disertai tugas merangkumen_US
dc.description.sponsorshipUniversitas Jemberen_US
dc.subjectFISIKA, GETARAN DAN GELOMBANGen_US
dc.titleEFEKTlFlTAS PEMBERIAN TUGAS MERANGKUM DISERTAI LATIHAN SOAL DALAM PEMBELAJARAN FISlKA PADA POKOK BAHASAN GETARAN DAN GELOMBANG ( Studi Komparatif Bahan Kajian Getaran dan Gelombang Pada Siswa Kelas I Semester II SMUN 5 Jember Tahun Ajaran 2002/2003 )en_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record