• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Law
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Law
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    HUBUNGAN ANTARA HASIL BELAJAR SISWA MELALUI EKSPERIMEN FISIKA KONSEP OPTIKA GEOMETRI DENGAN MINAT SISWA MASUK. JURUSAN IPA (Stude Korelasi Siswa Kelas II4 Sampai II8 Cawu 3 dl SMU Negerl 2 Jember Tahun PelaJaran 2001/ 2002 )

    Thumbnail
    View/Open
    Ratna Kurniasari_irh.pdf (1.552Mb)
    Date
    2015-02-16
    Author
    Ratna Kurniasari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Faktor psikologis sangat mempengaruhi proses pembelajaran, salah satunya adalah minat siswa. Apabila siswa berminat terhadap pelajaran fisika maka siswa akan senang dan tidak bosan jika mempelajari fisika. Untuk menumbuhkan minat siswa pada pelajaran fisika, maka dalam pembelajaran fisika sebaiknya menggunakan metode eksperimen. Dengan adanya eksperimen fisika, siswa akan dapat membuktikan teori-teori yang sudah ada. Hasil belajar siswa melalui eksperimen fisika merupakan kemampuan yang dimiliki siswa setelah melakukan eksperimen fisika yang dilaksanakan di laboratorium fisika. Sedangkan minat siswa masuk jurusan IPA adalah penempatan siswa pada bidang studi IPA yang dilandasi dengan rasa senang tanpa paksaan dari orang lain. Permasalahan yang akan dipecahkan dalam penelitian ini adalah (1) adakah hubungan antara hasil belajar siswa melalui eksperimen fisika dengan minat siswa masuk jurusan IPA? (2) berapa prosentase hubungan antara basil belajar siswa melalui eksperimen fisika dengan minat siswa masuk jurusan IPA?. Tujuan yang ingin dicapai adalah (1) untuk mengetahui hubungan antara hasil belajar siswa melalui eksperimen fisika dengan minat siswa masuk jurusan IP A (2) untuk mengetahui prosentase hubungan antara hasil belajar siswa melalui eksperimen fisika dengan minat siswa masuk jurusan IP A. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu korelasi product moment dan rumus prosentase. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara hasil belajar siswa melalui eksperimen fisika dengan minat siswa masuk jurusan IPA sebesar 0,526 dengan prosentase sebesar 96,746% yang artinya prosentasenya sangat baik. Kesimpulan yang diperoleh adalah hasil belajar siswa melalui eksperimen fisika mempengaruhi minat siswa masukjurusan IPA.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61334
    Collections
    • UT-Faculty of Law [6314]

    Related items

    Showing items related by title, author, creator and subject.

    • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas II SDN Sumbersari 02 Jember pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hal tersebut dikarenakan sumber belajar yang digunakan masih sebatas pada buku teks dan gambar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah penerapan penggunaan lingkungan sebagai sumber belajar dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas II SDN Sumbersari 02 Jember; dan meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas II SDN Sumbersari 02 Jember Tahun Pelajaran 2015/2016 setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar.Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas, yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas II yang berjumlah 27 siswa, yang terdiri atas 15 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah pembelajaran menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar meliputi kegiatan apersepsi, menjelaskan materi, pengamatan, contoh cara membuat karangan deskripsi, latihan menulis karangan deskripsi, dan presentasi. Skor rata-rata kemampuan menulis karangan deskripsi siswa secara klasikal menunjukkan peningkatan yang cukup baik. Pada siklus I persentase kemampuan menulis karangan deskripsi siswa sebesar 71,58% dan meningkat menjadi 78,84% pada siklus II. 

      Dwi Fitriyah; Suhartiningsih; Sihono (UNEJ, 2016)
      Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas II SDN Sumbersari 02 Jember pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hal tersebut dikarenakan sumber belajar yang digunakan masih ...
    • PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK KECIL DENGAN MEDIA WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PEMAHAMAN SISWA (Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kompetensi Dasar Pasar Siswa Kelas X-4 Semester ganjil di SMA Negeri Rambipuji Tahun Ajaran 2011/2012 ) PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK KECIL DENGAN MEDIA WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PEMAHAMAN SISWA (Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kompetensi Dasar Pasar Siswa Kelas X-4 Semester ganjil di SMA Negeri Rambipuji Tahun Ajaran 2011/2012 ) PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK KECIL DENGAN MEDIA WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PEMAHAMAN SISWA (Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kompetensi Dasar Pasar Siswa Kelas X-4 Semester ganjil di SMA Negeri Rambipuji Tahun Ajaran 2011/2012 ) 

      Silvia Agustin (2013-07-30)
      Aktivitas siswa dalam pembelajaran Ekonomi di SMA Negeri Rambipuji masih cukup memprihatinkan. Selain itu, pemahaman siswa pada mata pelajaran tersebut juga masih belum memenuhi standar yang ditetapkan ...
    • PERBEDAAN PERILAKU EKONOMIS SISWA DALAM MELAKSANAKAN AKTIVITAS KONSUMSI ANTARA SISWA YANG TINGGAL DI ASRAMA DENGAN SISWA YANG TIDAK DI ASRAMA (Studi Kasus Pada Siswa SMP Plus Darus Sholah Jember Tahun 2008/2009) 

      LUTFIAH ROHMATIN (2014-01-23)
      Perilaku ekonomis (khususnya dalam melaksanakan aktivitas konsumsi) perlu dimiliki oleh setiap orang, termasuk generasi muda utamanya pelajar/siswa. Salah satu faktor yang sangat mempengaruhi perilaku seseorang khususnya ...

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository