• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Law
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Law
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH PERBEDAAN KECEGDERUNGAN GAYA KEPEMIMPINAN ORANG TUA (BERDASARKAN PERESEPSI SISWA) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS 1 CAWU I DI SMU NEGERI 1 ARJASA TAHUN AJARAN 2001/2002

    Thumbnail
    View/Open
    Jaelani.pdf (1.555Mb)
    Date
    2015-01-29
    Author
    Jaelani
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Lingkungan keluarga yang tercermin dari bagaimana kepemimpinan orang tua dalam keluarga merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi baiKburuknya hasil belajar yang dicapai anak di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh perbedaan kecenderungan gaya kepemimpinan orang tua, ada tidaknya perbedaan antara kecenderungan gaya kepemimpinan otoriter dengan kecenderungan gaya kepemimpinan demokratis, ada tidaknya perbedaan antara kecenderungan gaya kepemimpinan demokratis dengan kecenderungan gaya kepemimpinan liberalis, dan ada tidaknya perbedaan antara kecenderungan gaya kepemimpinan otoriter dengan kecenderungan gaya kepemimpinan liberalis terhadap hasil belajar Biologi. Pelaksanaan penelitian ini di SMU Negeri 1 Arjasa mulai bulan November 2001 sampai dengan bulan Januari 2002. Responden yar.g diambil sebanyak 160 siswa dengan metode propursional random sam0plmg. Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket, interviu, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisa va rians satu arah (Rasio-F) dan uji t. hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh secara signifikan perbedaan kecenderungan gaya kepemimpinan orang tua terhadap hasil belajar Biologi karena F-hitung = 7,346 > F-tabel = 3,06-. Ada perbedaan secura signifikan antara kecenderungan gaya kepemimpinan otoriter dengan kecenderungan gaya kepemimpinan demokratis (t-hitung = 2, Ill > talpha = 2,022). Ada perbedaan secara signifikan antara kecenderungan gaya kepemimpinan demokratis dengan kecenderungan gaya kepemimpinan liberalis (t-hitung = 3,679 > talptw = 2,000). Tidak ada perbedaan secara signifikan antara kecenderungan gaya kepemimpinan otoriter dengan kecenderungan gaya kepemimpinan demokratis (t-hitung = 1,212 < talphll = 2,028). Kesimpulannya ada pengaruh secara signifikan IXrbedaan kecenderungan gaya kepemimpinan orang tua terhadap hasil belajar Biologi, ada perbedaan secara signi fikan antara kecenderungan gaya kepemimpinan otoriter dan liberalis terhadap hasil belajar Biologi, dan tidak ada perbedaan secara signifikan antara kecenderungan gaya kepemimpinan otoriter dengan kecenderungan gaya kepemimpinan liberalis terhadap hasil telajar Biologi siswa kelas I ca\vu I di SMU Negeri I Arjasa tahun ajaran 2001 /2002.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61143
    Collections
    • UT-Faculty of Law [6284]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository