PENGARUH PERBEDAAN KECEGDERUNGAN GAYA KEPEMIMPINAN ORANG TUA (BERDASARKAN PERESEPSI SISWA) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS 1 CAWU I DI SMU NEGERI 1 ARJASA TAHUN AJARAN 2001/2002
Abstract
Lingkungan keluarga yang tercermin dari bagaimana kepemimpinan orang tua
dalam keluarga merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi baiKburuknya
hasil belajar yang dicapai anak di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui ada tidaknya pengaruh perbedaan kecenderungan gaya kepemimpinan
orang tua, ada tidaknya perbedaan antara kecenderungan gaya kepemimpinan
otoriter dengan kecenderungan gaya kepemimpinan demokratis, ada tidaknya
perbedaan antara kecenderungan gaya kepemimpinan demokratis dengan
kecenderungan gaya kepemimpinan liberalis, dan ada tidaknya perbedaan antara
kecenderungan gaya kepemimpinan otoriter dengan kecenderungan gaya
kepemimpinan liberalis terhadap hasil belajar Biologi. Pelaksanaan penelitian ini
di SMU Negeri 1 Arjasa mulai bulan November 2001 sampai dengan bulan
Januari 2002. Responden yar.g diambil sebanyak 160 siswa dengan metode
propursional random sam0plmg. Pengumpulan data dilakukan dengan metode
angket, interviu, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisa va rians
satu arah (Rasio-F) dan uji t. hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh secara
signifikan perbedaan kecenderungan gaya kepemimpinan orang tua terhadap hasil
belajar Biologi karena F-hitung = 7,346 > F-tabel = 3,06-. Ada perbedaan secura
signifikan antara kecenderungan gaya kepemimpinan otoriter dengan
kecenderungan gaya kepemimpinan demokratis (t-hitung = 2, Ill > talpha = 2,022).
Ada perbedaan secara signifikan antara kecenderungan gaya kepemimpinan
demokratis dengan kecenderungan gaya kepemimpinan liberalis (t-hitung = 3,679
> talptw = 2,000). Tidak ada perbedaan secara signifikan antara kecenderungan
gaya kepemimpinan otoriter dengan kecenderungan gaya kepemimpinan
demokratis (t-hitung = 1,212 < talphll = 2,028). Kesimpulannya ada pengaruh
secara signifikan IXrbedaan kecenderungan gaya kepemimpinan orang tua
terhadap hasil belajar Biologi, ada perbedaan secara signi fikan antara
kecenderungan gaya kepemimpinan otoriter dan liberalis terhadap hasil belajar
Biologi, dan tidak ada perbedaan secara signifikan antara kecenderungan gaya
kepemimpinan otoriter dengan kecenderungan gaya kepemimpinan liberalis
terhadap hasil telajar Biologi siswa kelas I ca\vu I di SMU Negeri I Arjasa tahun
ajaran 2001 /2002.
Collections
- UT-Faculty of Law [6214]