• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN MASALAH-MASALAH SOSIAL DI LINGKUNGAN SETEMPAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BRAINSTORMING GROUP DENGAN PERMAINAN LEMPAR DADU PADA SISWA KELAS IV SDN SUKOREJO 03 KECAMATAN BANGSALSARI KABUPATEN JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    IIS PRASETYANINGSIH_001.pdf (842.6Kb)
    Date
    2013-12-08
    Author
    IIS PRASETYANINGSIH
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Rendahnya nilai hasil belajar IPS di SDN Sukorejo 03 disebabkan oleh beberapa faktor antara lain; metode pembelajaran yang diterapkan di sekolah masih bersifat konvensional, media yang digunakan sangat sederhana sehingga kurang mewakili dari materi yang diajarkan, dan pengelolaan kelas yang kurang efisien yang berakibat siswa sering ramai dan gaduh. Sehingga pemahaman terhadap konsep IPS sulit dicermati dan juga berakibat pada kemampuan siswa dalam memecahkan masalah IPS yang merupakan salah satu kegiatan utama dalam pembelajaran IPS. Salah satu cara untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS, guru harus berperan aktif untuk menciptakan beberapa metode dan model. Pendekatan dan model tersebut diharapkan dapat memberikan kesempatan lebih banyak kepada siswa untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran serta siswa dapat menemukan dan membangun pengetahuan dari realitas yang ada di sekitarnya secara mandiri. Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (a) Bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan model pembelajaran Brainstorming Group pokok bahasan masalah-masalah sosial di lingkungan setempat pada siswa kelas IV SDN Sukorejo 03 tahun ajaran 2010/2011? (b) Bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan model pembelajaran Brainstorming Group pokok bahasan masalah-masalah sosial di lingkungan setempat pada siswa kelas IV SDN Sukorejo 03 tahun ajaran 2010/2011?. viii Penelitian ini bertujuan Untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPS melalui model pembelajaran Brainstorming Group pada pokok bahasan masalah-masalah sosial di lingkungan setempat khususnya siswa kelas IV SDN Sukorejo 03 tahun ajaran 2010/2011 dan Untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS melalui model pembelajaran Brainstorming Group pada pokok bahasan masalah-masalah sosial di lingkungan setempat khususnya siswa kelas IV SDN Sukorejo 03 tahun ajaran 2010/2011. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 36 anak, terdiri dari 20 laki-laki dan 16 perempuan, Pengambilan data dalam penelitian ini dilaksanakan di SDN Sukorejo 03 Kecamatan Bangsalsari, dimulai pada tanggal 11 April 2011 sampai tanggal 25 April 2011. Desain penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data telah dilakukan dengan metode observasi, dokumentasi wawancara dan tes. Data yang telah terkumpul di analisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif, data yang di analisis adalah aktivitas belajar siswa dan ketuntasan hasil belajar siswa dalam pembelajaran.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6114
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository