AHALISIS SOAL BJOLOGI BUATAN GURU SLTP NEGERI 5 JEMBER BERDASARKAN TINGKAT KESULITAN SOAL DAN DAYA PEMBEDA
Abstract
Belajar dan mengajar merupakan sistem yang didukung oleh komponen yang
saling terkait. Keterkaitan komponen tersebut diperlukan untuk mencapai pengajaran
secara optimal. Belajar dan mengajar akan menjadi terpadu manakala terjadi interaksi
antara guru - siswa, siswa siswi pada saat pegajaran itu berlangsung. Untuk
memperbaiki proses belajar mengajar yang efektif dengan jalan mengevaluasi proses
belajar mengajar itu sendiri. Keberhasilan mengungkapkan hasil dan proses belajar
mengajar siswa sebagaimana adanya sangat bergantung pada kualitas alat
penilaiannya disamping cara pelaksanaannya Suatu alat penilaian dikatakan
mempunyai kualitas yang baik apabila alat tersebuit memiliki validitas dan reabilitas.
Selain kedua. hal tersebut juga memperbatikan adanya tingkat. kesulitan soal (sukar.
sedang. mudah) dan mempunyai kesanggupan soal dalam membedakan siswa yang
tergolong mampu dengan siswa yang tergolong lemah prestasinya Oleh sebab itu
cara yang paling baik adalah melihat hasil yang diperoleh oleh siswa Atas dasar
itulah penelitiian ini menganalisis soal biologi kelas III cawu 2 buatan guru SL TP
Negeri 5 Jember berdasarkan tingkat kesulitan soal dan daya pembeda Penelitian ini
berlangsung pada tanggal 20 janunari sampai Februari 2000. dengan mengambil data
berupa soal ulangan harian yang dibuat oleh guru dan lernbar jawaban ulangan
harian siswa dengan pokok bahasan, Penurunan Sifa.. Teknik pengolahan data
dalam penelitian ini meliputi beberapa tahap: (1) menganalsis soal biologi buatan
guru berdasarkan tingkat kesulitan soal, dengan cara mengolah hasil jawaban tes (2)
menganalisis soal biologi buatan guru berdasarkan tingkat daya pembeda dengan
cara mengolah hasil jawaban tes siswa. Hasil yang diperoleh menunjukan bahwa soal
biologi buatan guru SLTP Negeri 5 Jember yang telah memenuhi tingkat kesulitan
soal adalah 16,6% (5 butir soal) sedang 83,4%(butir soal) memiliki tingkat kesulitan
soal yang sukar dan mudah. Daya pembeda yang memadai adalah 23% (7 butir soal)
dari soal, sedang 77'% (23 butir soal) belum memenuhi tingkat kesulitan soal dan
daya pembeda.
Collections
- UT-Faculty of Law [6214]