• Login
    View Item 
    •   Home
    • DIPLOMA PROGRAMME PRACTICE REPORT (Laporan Diploma)
    • DP-Taxation
    • View Item
    •   Home
    • DIPLOMA PROGRAMME PRACTICE REPORT (Laporan Diploma)
    • DP-Taxation
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL TEACHING WITH ANALOGIES (TWA) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SEJARAH INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS XI IPS 3 SMA NEGERI ARJASA TAHUN AJARAN 2014/2015

    Thumbnail
    View/Open
    Dyah Rahmawati - 100210302026_1.pdf (445.3Kb)
    Date
    2014-11-27
    Author
    Dyah Rahmawati
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan berpikir kritis dan hasil belajar. Pada siklus 1 indikator menyampaikan pendapat memperoleh persentase 57,14%, siklus 2 menjadi 74,1% meningkat 29,68%, siklus 3 menjadi 83,92% meningkat 13,25%. Indikator memberikan argumentasi siklus 1 memperoleh persentase 52,67%, siklus 2 71,42% meningkat 35,59%, siklus 3 menjadi 83,03% meningkat 16,24%. Indikator memberikan kritik siklus 1 memperoleh persentase 69,64%, siklus 2 menjadi 75,89% meningkat 8,97%, siklus 3 menjadi 84,82% meningkat 11,76%. Indikator mengajukan pertanyaan siklus 1 memperoleh persentase 60,71%, siklus 2 menjadi 77,67% meningkat 27,93%, siklus 3 menjadi 87,50% meningkat 12,65%. Indikator membuat kesimpulan siklus 1 memperoleh persentase 61,42%, siklus 2 menjadi 73,21% meningkat 19,19%, pada siklus 3 menjadi 86,60% meningkat 18,28%. Hasil belajar aspek kognitif pada siklus 1 memperoleh persentase 60,71%, siklus 2 menjadi 75% meningkat 23,53%, pada siklus 3 menjadi 85,71% meningkat 14,28%. Kesimpulan hasil penelitian: (1) terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik; (2) terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik. Saran dari penelitian ini adalah : (1) Bagi guru sejarah, sebaiknya menggunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis sehingga dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik; (2) Bagi lembaga pendidikan, hasil dari penelitian ini merupakan sebuah masukan yang dapat berguna dan digunakan sebagai umpan balik bagi kebijaksanaan yang diambil dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan dan kegiatan pembelajaran.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/60360
    Collections
    • DP-Taxation [892]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository